Kamenag Sumbar Dr Helmi, Resmikan Operasional KUA Kecamatan Pariaman Timur

Kepala Kamenag Sumbar Helmi Menandatangani Berita Acara. Foto : Harsy


PARIAMAN,- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Dr. H. Helmi didampingi Ketua DWP, Hj. Nazifah Helmi meresmikan Operasional  KUA Kecamatan Pariaman Timur, Raydatul Athfal Al - Ikhlas dan KF Mart Ponpes Al - Muhajirin, bertempat di PLHUT Kemenag Kota Pariaman (29/04/2023).

Kakankemenag Kota Pariaman H. Rinalfi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Kakanwil Kemenag Sumbar berserta Ketua DWP yang telah meluangkan waktunya untuk meresmikan Operasional KUA Kecamatan Pariaman Timur, Raydatul Athfal Al - Ikhlas, KF Mart Ponpes Al- Muhajirin.

Yang petama dengan keberadaan KUA Kec. Pariaman Timur yang berada di Desa Santok memiliki gedung sementara  bisa dapat melayani seluruh masyarakat di kecamatan Pariaman Timur di segi keagamaan.

Yang kedua Raydatul Athfal Al - Ikhlas  sudah berdiri tahun 2021 dengan gedung bekas kantor Kemenag lama diDesa Kampung Baru, sinergi kepala RA dan DWP Kemenag untuk keberlangsungan pendidikan dalam sarana prasana memungkinkan mutu siswa RA/TK dan kesejahterahan guru pendidik. 

Kemudian yang ketiga Ponpes syeh Burhanuddin Al-Muhajirin sebagai salah satu ponpes yang menerima program melebati bisnis dari Dirjen Pendis sebanyak Rp. 75 Juta direncanakan 280 juta dalam bentuk swalayan yang bernama KF Mart Ponpes Al-Muhajirin yang terletak di Desa Simpang,"ujar H . Rinalfi.

Kakanwil Kememag Provinsi Sumbar Dr. H. Helmi mengatakan kami  sangat memahami dan perjuangannya Alhamdulillah berkat doa kita bersama ini, kabid gencar sekali  memperjuangkan ini sehingga Alhamdulillah KUA Pariaman timur itu  sudah di  pinitif dan termasuk juga kepala KUA nya.

Ia berharap nanti  dengan adanya KUA  yang di depenitif di Kecamatan Pariaman Timur tugas pembina dan pembangunan di bidang agama itu  bisa semakin baik dan semakin lancar tentunya masyarakat yang berurusan dan  himbau nanti  ini  kiti sosialisasikan di Kecamatan Pariaman Timur bisa lebih baik lagi  kedepannya untuk  Pariaman yang lebih baik, " kata Dr. H . Helmi.

" Kemudian juga tadi  pak Kabid mengatakan jika nanti  kalau kita mau mambangun kantor yang representatif seperti  KUA Kec. Pariaman Tengah ini  kementrian agama punya dana spsm  namanya pak camat cuma untuk penganggaran pembelian tanah nya tidak ada," tambah Kakamwil Kememag Dr. H . Helmi.

Yang kedua kita meresmikan operasional dari  Ra ikhlas Kota Pariaman karena itu  ibuk  ketua dw  terimakasih betul  kata ibu ketua dw tadi  ditempat lain RA pembina dibawah naungan darma wanita itu  di bawah kementerian agama Provinsi Sumatera Barat satu  hari  saja  dibuka pendaftaran itu  banyak yang mendaftar.

Bahwa kesadaran masyarakat untuk mendidik menyekolahkan anaknya semakin tinggi RA itu  atur dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003. Lembaga pendidikan yang dikelola kementrian agama jangan diposisikan lembaga itu  saingan oleh lembaga pendidikan yang ada di pemerintahan daerah.

Kementerian agama itu  memperkuat pendidikan yang ada di daerah yang dididik yang sekolah itu  tetap warga di sekolah itu  karena Masyarakat mungkin ada  menginginkan pendidikan umumnya jalan pendidikan agamanya lebih makanya kementerian agama mendirikan madrasah mendirikan RA  untuk  memperkuat itu  keinginan masyarakat.

Yang ketiga dengan kemandirian pesantren ini  salah satu program prioritas kementerian agama namanya kemandirian pesantren untuk kemandirian pesantren itu  kita bangun beberapa program antara lain melalui inkubasi ini  itu  kita berikan bantuan pesantren ini punya minimarket atau dia punya usaha usaha lain sehingga nanti  diharapkan dengan  adanya hal seperti itu  keuntungan bisa membuat pesantren itu mandiri.

Acara ini dihadri oleh Kabid Urais, H. Edison,  Kasubag TU Zahardi, Kasi Pendis Syaiful Azmi, Kasi Bimas Islam H.  Syaiful Azhar, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Amril, Kasi Pemyelenggara Zakat dan Waqaf Khairul Firdaus, Ketua DWP Kemenag Kota Pariaman, Camat Pariaman Timur, Kepala Desa se-Kecamatan Pariaman Timur dan seluruh jajaran Kemenag Kota Pariaman. (Harsy)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.