UNP dan Unand Makin Sejalan Menjadi Satu-Satunya Jurusan di Dunia, Prodi Sastra Minangkabau dan Prodi Tata Boga Konsentrasi Kuliner Minang

Makin Sejalan Menjadi Satu-Satunya Jurusan di Dunia, Unand dengan Prodi Sastra Minangkabau dan UNP dengan Prodi Tata Boga Konsentrasi Kuliner Minang

Unand (Universitas Andalas) dan UNP (Universitas Negeri Padang) adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di peringkat teratas dengan mahasiswa dan prodi terbanyak di Sumbar. Baru-baru ini UNP telah menerima mahasiswa baru Program studi  DIII Tata Boga konsentrasi Kuliner Minang di PSDKU Kota Payakumbuh pada tahun ajaran 2023/2024. 

Prodi Tata Boga konsentrasi kuliner Minang UNP dan prodi Sastra Minangkabau Unand menjadi satu-satunya jurusan yang ada di dunia. Pertemuan yang dilangsungkan di Lantai II kantor Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh (28/1) yang di sambut hangat oleh Kepala Dinas Yunida Fatwa, S.Sos, MM, Kepala Bidang Perindustrian Bambang Hermanto, ST.,M.S.E., MA dan kepala Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Kabid Syafni Hasni, S.pd. Harapan kepala Disnakerperin setelah pertemuan tersebut semoga memberi dampak positif bagi UNP dan Kota Payakumbuh.

A. Sastra Minangkabau di Unand

Banyak yang bertanya-tanya, Apa itu prodi sastra Minangkabau? Kenapa mau kuliah di prodi Sastra Minangkabau? Apa kebutuhan lulusan prodi Sastra Minangkabau? Apa karakter yang sesuai di prodi sastra Minangkabau? disini penulis akan jelaskan satu-persatu menurut apa yang penulis ketahui.

Apa Itu prodi Sastra Minangkabau?

Jurusan sastra Minangkabau adalah jurusan yang mempelajari tenatang sastra, bahasa, dan budaya Sumatera barat secara komprehesif. Pada jurusan ini mahasiswanya mempelajari tentang kesusastraan Linguistik sintaksis dan lain sebagainya. 

Selain linguistik juga ada mata kuliah yang menganalisis Bahasa dan sastra Minangkabau dengan baik sehingga tidak diragukan lagi mahasiswa lulusan prodi ini bisa fasih dalam penerapan sehari-hari. 

Tidak hanya berfokus pada Bahasa Minangkabau saja, prodi Sastra Minangkabau juga mengajarkan tentang penelitian budaya, corak dan dinamika kehidupan bangsa Minangkabau. Tamatan prodi sastra Minangkabau ini akan memperoleh gelas S. Hum (Sasrjana Humaniora).

Kenapa kuliah di Jurusan Sastra Minangkabau? 

Banyak yang belum sadar bahwa jurusan Sastra Minang adalah satu-satunya jurusan yang ada di Dunia, otomatis tidak akan ada saingan kampus lain jika ingin melamar pekerjaan. Karena lulusan Sastra Minang memiliki keahlian khusus pada bidang ini. 

Selain itu peluang kerjanya cukup luas di bidang pemerintahan seperti kementian Pendidikan dan kebudayaan, balai Bahasa, Arsip Nasional dan lain sebagainya. Selain itu kamu juga akan mampu untuk menjadi penulis buku, berita,  dan lain sebagainya.

Apa kebutuhan lulusan Jurusan Sastra Minangkabau?

Lulusan Sastra Minangkabau dibutuhkan di instansi pemerintahan seperti Kemendikbud, balai Bahasa dan arsip nasional, sebab prodi sastra Minangkabau ini mahir dalam meneliti bahasa, sastra dan juga pernaskahan. Selain di instansi pemerintahan lulusan sastra Minangkabau juga bisa menjadi penulis cerpen (cerita pendek) berbahasa daerah maupun berbahasa nasional Indonesia atau sebagai penulis Novel. 

Selain penulis dan di instansi pemerintahan, lulusan Sastra Minangkabau juga bisa meraih profesi di bidang budaya di industry pariwisata, sebagai akademisi (guru Bahasa daerah), penerjemah Bahasa atau translator, dan penulis script film, dimana tugasnya menulis jalan cerita membuat sinopsis dalam bentuk naskah atau scenario atas dasar ide cerita sendiri.

Apa karakter yang sesuai di jurusan sastra Minangkabau?

Berakhlak

Keterampilam berkomunikasi

Kritis

Tekun

Teliti

Rasional

Independent 

Berwawasan luas

Suka menganalisis

Ketermpilan interpersonal


B. Tata Boga konsentrasi Kuliner Minang di UNP 

Fakultas Perhotelan dan Pariwisata Universitas Negeri Padang program studi DIII kuliner Minang dalam memenuhi Kerjasama dengan sentra Rendang kota payakumbuh.

“tahun ini aka nada program studi DII Tata Boga dengan Konsentrasi Kuliner Minang. Sekaran ada 120 lebih pendaftar, namun hanya 30 orang yang diterimauntuk pusat riset prodi kuliner minang akan berpusat di kota payakumbuh, karena payakumbuh menjadi pusat sentral kuliner termasuk rendangsebagai makanan khas minang, dan Kerjasama itu akan terus dilanjjutkan kedepan,” kata rektor UNP Prof. Genefi, Ph.D di Payakumbuh, Rabu (31/7).

Menurut penulis dua prodi tersebut sangat sesuai bagi pencinta nilai-nilai tradisi yang ada di Minangkabau. Bagaimana tidak, prodi Sastra Minangkabau dan Tata Boga Konsentrasi Kulinaer Minang menjadi salah satu bentuk upaya mengangkat budaya Minang. 

Menurut pengamatan penulis, Kota Payakumbuh sudah banyak berupaya untuk meningkatkan anggaran untuk kegiatan pembangunan adat dan budaya di kota payakumbuh. “Kita ingin budaya diberdayakan di semua wilayah, ini menjadi kekuatandan ketahanan nasional dalam menjaga keutuhan NKRI kedepannya,” (BD)

Tak hanya berkonsentrasi untuk mahasiswa Sumbar saja, Prodi Sastra Minangkabau juga ada di minati oleh dia yang bukan berasal dari Sumbar saja, melainkan ada yang dari luar Pulau Sumatera. Prodi Tata Boga konsentrasi Kuliner Minangkabau juga bagus bagi kamu yang pecinta kuliner Minang. 

Karena makanan khas minang yang sudah banyak dikenal di kancah Internasional contohnya Rendang, mungkin banyak lagi makanan khas yang belum terekspost dan belum banyak yang mencicipi bisa jadi lebih enak dari rasa rendang yang banyak dikenal seperti sekarang ini.

Penulis menilai dua prodi ini  sejalan, dimana sama-sama mengangkat tentang keminangkabauan. Dimana penulis sendiri berasal dari Prodi Sastra Minangkabau Unand. Di prodi ini mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti Hima (Himpunan Mahasiswa), dimana Hima ini menjadi wadah pertama bagi mahasiswa jurusan yang bersifat non akademik. 

Di hima ini penulis melalui proses yang tidak mudah, dari anggota muda menjadi anggota aktif. Tidak Cuma-Cuma Hima ini didirikan, penulis menilai disini kita diajarkan adab dan keilmuan yang tidak di fokuskan pada perkuliahan akdemik.

Sumbar masih membutuhkan orang-orang yang mencintai budayanya sendiri, tidak hanya menjadi penikmat ciptaan dan karya orang lain saja, namun mampu menciptakan dan memerikan ide sumbangsih untuk daerahnya sendiri. dengan adanya dua prodi tersebut penulis berharap pembaca bisa terpancing untuk lebih ingin mengenal sejarah yang belum tergali. 

Menurut penulis dengan mengetahui sejarah kita dapat menambah informasi dan pengetahuan tentang fakta atau peristiwa tertentu seperti identitas baik itu identitas negara, kelompok, keluarga ataupun konstituen, sejarah juga sangat penting untuk kita belajar dari kesalahan. 


Penulis,

Zulbaidah Mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau Universitas Andalas


Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.