Deklarasi Pemilu Damai di Padang Pariaman, ini Harapan Bupati Suhatri Bur


PARIT MALINTANG,-Deklarasi pemilu damai  diharapkan dapat meningkatkan komitmen masyarakat untuk menjaga dan mewujudkan pemilu yang damai dan berkualitas di Padang Pariaman.

Demikian diungkapkan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur pada acara Deklarasi Damai Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 yang diselenggarakan Polres Padang Pariaman, pada Jumat (08/09/2023) di Hall IKK Parit Malintang.

Deklarasi pemilu damai tersebut dihadiri Ketua KPU Padang Pariaman Zainal Abidin, SH, Ketua Bawaslu Azwar Mardin, SE, bersama Anggota Irwandi, SPT dan Indra Gunawan, S.Pd,  Ketua Forum Wali Nagari Padang Pariaman Jonipriadi, Pimpinan Partai Politik dan Ormas, Camat dan PPK, serta relawan pemilu Se-Kabupaten Padang Pariaman.

Bupati Suhatri Bur menjelaskan,kondisi masyarakat dalam menghadapi pemilu di Padang Pariaman cukup stabil, meskipun dalam setiap momen pemilu itu suhu keamanan dan ketertiban cenderung memanas.

Hal ini disebabkan oleh filosofi pemilu badunsanak yang menjadi komitmen masyarakat Padang Pariaman. Sehingga ulasnya, riak-riak pemilu maupun pasca pemilu bisa terselesaikan dengan segera dan tidak berbuntut pada pelanggaran pidana pemilu.



Mantan Ketua KPUD Padang Pariaman itu menegaskan, untuk menjaga stabilitas politik bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah dan TNI/Polri saja, melainkan tanggungjawab bersama termasuk peserta pemilu dan para pendukungnya.

“Dengan adanya deklarasi Pemilu damai ini hendaknya kita dapat berperan membantu penyelenggara dalam melaksanakan Pemilu di Padang Pariaman secara damai,” ajaknya.

Pada kesempatan itu Bupati Suhatri Bur menghimbau kepada ASN, TNI/Polri untuk menjaga netralitasnya dalam pemilu nanti. Dia meminta agar dapat mengawasi keterpenuhan hak pilih masyarakat, sehingga masyarakat memiliki integritas sebagai seorang pemilih dan hak konstitusionalnya digunakan dengan penuh tanggung jawab.

“Peserta Pemilu diharapkan dapat menunjukkan sportifitasnya,dan yang paling utama adalah dalam mencari simpati masyarakat jangan sampai menimbulkan gesekan-gesekan, agar masyarakat bisa meningkatkan partisipasi untuk mengikuti Pemilu nantinya,” tambahnya.

Sementara itu Kapolres Padang Pariaman AKBP Bagus Ikhwan membacakan edaran Kapolda Sumatera Barat. Dia menyebut, deklarasi pemilu ini dianggap penting. 

Hal ini sebutnya, dalam rangka mengantisipasi kerawanan jelang tahapan Pemilu 2024 dan menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Padang Pariaman.

“Kami berharap melalui deklarasi ini, para stakeholder berkomitmen menunjukkan kedewasaan berpolitik maupun berdemokrasi. Deklarasi ini hendaknya dilandasi dengan niat bersungguh-sungguh agar dapat meminimalisir pelanggaran saat kampanye berlangsung,” ajaknya.



Deklarasi pemilu damai tersebut, diakhiri dengan dibacakan naskah deklarasi damai yang dipimpin oleh Ketua KPU Padang Pariaman dan diikuti oleh seluruh peserta yang hadir.

Dalam deklarasi tersebut, juga dilangsungkan penandatanganan kesepakatan bersama oleh seluruh pengurus partai yang disaksikan oleh Bupati Suhatri Bur, dan seluruh unsur forkopimda.

Momen Deklarasi itu, juga disaksikan oleh Wakil Bupati Rahmang, Ketua DPRD Arwinsyah, Kapolres Padang Pariaman Bagus Ikhwan, Kepala Kejaksaan Pariaman Bagus Priyonggo, dan Mewakili Dandim 0308 Danramil 04 Sicincin Lettu Syahrumsyah, serta kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. (Tim)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.