Meriahkan HAORNAS, Dinas Pendidikan Bersama Kepsek SD di Pariaman Tengah Gelar Lomba Permainan Tradisional

Wali Kota Genius Umar nampak bersemangat menarik upiah. Foto : Kominfo Kota Pariaman


PARIAMAN,- Memeriahkan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Tahun 2023, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Bersama Kepala Sekolah SD se-Kecamatan Pariaman Tengah gelar Lomba Permainan Tradisional di Kawasan Youth Center, GOR Rawang, Selasa (12/9/2023), kemarin


Lomba yang dipermainkan yakni lomba Pacu Upiah (merupakan suatu permainan yang mengunakan kulit batang pinang yang diseret dengan anak-anak duduk diatasnya) dan lomba bakiak (Permainan tradisional sandal Panjang dari kayu dengan tiga orang pesertanya).


Wali Kota Pariaman, Genius Umar, sesaat setelah membuka acara tersebut mengatakan hal ini mambu membangkitkan Kembali gairah dari anak-anak dan siswa-siswi sekolah dasar di Kota Pariaman untuk mengenali, mencintai dan memainkan permainan tradisional ini yang menjadi warisan budaya kita sejak dahulunya.


“ Yang terlebih lagi, sebagai upaya pembelajaran bagi peserta permainan ini untuk saling menjaga kekompakan dan memperkuat semangat olahraga anak serta menjalin komunikasi dan silaturrahmi yang bai kantar sesama, serta menjaga warisan budaya dan permainan tradisional.” sambung Genius.


Ia harapkan, kedepannya, permainan olahraga seperti ini harus Kembali digiatkan di sekolah-sekolah, dan tidak hanya ketika ada perlombaan saja dengan bentuk dan jenis permainan tradisional yang lain yang pernah berkembang ditengah masyarakat kita.


“ Saat ini baru dilaksanakan untuk Kecamatan Pariaman Tengah, kedepan harus mampu juga kita laksanakan di tingkat Kota Pariaman, dan secara nasional,” singkatnya mengakhiri.


Wako Pariaman itu juga tak sungkan-sungkan mencoba mengikuti perlombaan tersebut pada lomba Pacu Upiah dengan menarik seorang anak yang duduk diatas upiah tersebut.(R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.