Azwar Mardin : Deklarasi Pemilu di Tingkatkan Kecamatan, Dorong Keterlibatan Masyarakat Awasi Pemilu

Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman minta seluruh Panwascam  melakukan Deklarasi Pemilu di tingkat kecamatan. Deklarasi tingkat Kecamatan tersebut diharapkan bekerjasama dengan melibatkan pemerintah kecamatan.

" Jalin terus koordinasi dengan jajaran kecamatan baik itu Camat, Kopolsek, Danramil, Walinagari serta jajaran terkait di kecamatan, agar pemilu dapat berjalan secara jujur dan adil," kata Ketua Bawaslu Azwar Mardin, beberapa waktu lalu.

Menurut Azwar Mardin, seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dengan mencegah pelanggaran serta secara aktif turut mengawasi/memantau seluruh tahapan pemilihan umum 2024.

Keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pemilu, Ia menjelaskan bahwa Bawaslu juga memiliki program membentuk pusat partisipasi masyarakat. "Sebagai simpul aktivitas bersama komponen masyarakat dalam pengwasan pemilu," imbuhnya. 

Dalam pengawasan pemilu terdapat sejumlah peran organisasi masyarakat sipil (OMS). Selain ikut menyosialisasikan pesan dan pengetahuan pengawasan pemilu kepada unit yang lebih kecil.

Mengingat terbatasnya jangkauan Bawaslu, OMS juga berperan untuk mengontrol jalannya pemerintahan termasuk pemilu.

Ia menjelaskan, dalam mengawal jalannya pemilu yang demokratis peran OMS tidak hanya turut mengawal pada perilaku peserta pemilihan baik partai politik maupun calon. 

Akan tetapi, juga diarahkan pada pelaksanaan semua tahapan serta terhadap seluruh aktor baik peserta, pemilih, maupun penyelenggara.

"Masyarakat sipil punya tanggung jawab sosial. Bangsa ini harus diberikan kontribusi oleh masyarakat sipil," tuturya. (**)


PARIWARA SOSIALISASI PENGAWASAN PARTISIPATIF

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.