Jelang Pemungutan Suara Tanggal 14 Februari 2024, Bawaslu Padang Pariaman Bekali Jajaran Panwascam

PADANG,-Menjelang pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Padang Pariaman bekali jajaran Panwasscam dengan fasilitasi dan pembinaan aparatur pengawas dan sekretariat panwaslu kecamatan.

Ketua Bawaslu Padang Pariaman yang diwakili Kordiv HP2H Indra Gunawan yang didampingi Kordiv P2P2 Irwandi dan Kepala Sekretariat Baiq Nila Ulfani, Jum'at (26/01/2024) ketika membuka kegiatan tersebut di Basko Hotel Padang menyebutkan, fasilitasi dan pembinaan aparatur pengawas dan sekretariat panwaslu kecamatan penting dilaksanakan.

Karena, sebut Indra Gunawan, Pemilu tinggal hitungan hari, Panwaslu Kecamatan juga telah membentuk Pengawas TPS. Sehingga ilmu yang diperoleh hari ini dapat ditularkan kepada jajaran PKD dan PTPS.

" Kita mengundang Ketua KPU Padang Pariaman Zainal Abidin, SH dan Ketua Divisi Teknis KPU Roza Mendes serta Bapak Muhammad Khadafi dari Bawaslu Sumbar sebagai nara sumber. Dengan narasumber ini diharapkan akan menambah wawasan/ilmu jajaran Panwascam dalam membimtek PTPS," ulasnya.

Sementara itu Irwandi berharap, jajaran Panwascam untuk terus mengupdate ilmu terkait dengan peraturan dan perundang-undangan baik itu PKPU maupun Perbawaslu.

" Hari ini kita akan mengadakan simulasi tatacara pemilihan di TPS. Melalui simulasi diharapkan jajaran Panwascam dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya," pinta Irwandi.

Komisioner Bawaslu Sumbar Muhammad Khadafi yang menjadi sumber membawakan materi " Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pemilihan Umum 2024,".

Khadafi memaparkan tugas pengawas TPS, pengawasan masa tenang, persiapan pemungutan suara, pasal pidana pemilu, pelaksanaan pemungutan suara, penghitungan suara, pengawasa  pengumuman penghitungan suara serta pengawasan penyerahan kotak suara.

Pada kesempatan itu Khadafi meminta kepada jajaran Panwascam se Padang Pariaman untuk membintek PTPS dengan materi yang cukup. Sehingga PTPS tidak kesulitan melaksanakan tugasnya dalam mengawasi TPS pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. (**/de)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.