Menko PMK Muhadjir Effendy Apresiasi Gerak Cepat Penanganan Bencana di Padang Pariaman

 

Mentri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Efendy didampingi Bupati Padang Pariaman Suhatri Nur saat berkunjung ke Sikucur Kampung Dalam. Foto dok.Kominfo Padang Pariaman

V KOTO KAMPUNG DALAM,-- Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyambut Kunjungan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia Muhadjir Effendy di Nagari Sikucur Kecamatan V Koto Kampung Dalam  Jum'at (15/3/2024)

Usai melakukan  lawatannya ke Kabupaten Pesisir Selatan, PMK Muhajir Effendi bertolak ke Kabupaten Padang Pariaman. Sumatera Barat, Menko PMK Muhadjir Effendy langsung disambut Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur,  Ikut dalam rombongan tersebut Wakil Guberbur Simatera Barat Audy Joinaldi, BNPB  berserta rombongan .

Sekira pukul 17 .15. Rombongan tiba di Posko  Penanganan Bencana dan Dapur Umun Sikucua Laweh Komplek Perumahan Oman Nagari Sikucua Kecamatan V koto Kampung Dalam. 

Dalam Arahannya Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan apresiasi atas penanganan bencana yang dilakukan pemerintah Provinsi Sumatera dan khusus Kabupaten Padang Pariaman yang cepat tanggap bersama tim terkait dalam melakukan evakuasi dan penanganan bencana. 

"Saya Apresisi Pak Bupati dan jajaran serta semua pihak yang terlibat langsung dalam proses evakuasi dan penanganan korban bencana baik itu bencana banjir dan Longsor yang terjadi dalam wilayah Kabupaten Padang Pariaman," sebutnya.

Di samping itu, Muhadjir juga meminta agar pemerintah Daerah Padang Pariaman  agar melakukan pendataan kebutuhan bantuan yang sifatnya mendesak, serta mendata secara rinci dampak kerusakan yang disebabkan oleh banjir yang terjadi pada 7-8 Maret 2024 lalu.

"Saya minta  Kepada Pak Bupati beserta jajaran untuk melakukan Pendataan dan Inventarisasi  Kebutuhan, menyiapkan segala dokumen yang dibutuhkan sebagai pengajuan bantuan untuk kemudian ditindaklanjuti di tingkat Kementerian. nantinya," ulas Muhadjir 

Sementara itu Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan rasa terimakasih atas kunjungan Bapak Menko PMK, ke Padang Pariaman. Kunjungan ini bentuk kepedulian Pemerintah melalui Menko PMK yang memberikan bantuan dan hadir langsung di tengah tengah masyarakat yang ditimpa musibah di Sumatera Barat khsusnya di Padang Pariaman. 

"Atas nama masyarakat Kabupaten Padang Pariaman Kami ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Bapak Menko yang telah hadir dan memberikan bantuan langsung kepada masyarakat, ini akan meringankan beban disaat penanganan Darurat ini," kata Suhatri Bur.

Pada kesempatan itu Menko PMK Muhajir Effendi menyampaikan belasungkawa dan duka yang mendalam kepada korban yang meninggal dunia dan yang terdampak musibah dan bencana yang terjadi di Sumatera Barat khususnya di Padang Pariaman.

Menko PMK Muhadjir tidak hanya memberikan  dukungan moral  dan duka cita yang mendalam saja, tetapi sekaligus menyerahkan bantuan langsung dan santunan uang tunai masing- masing sebanyak Rp 15 juta kepada  keluarga korban yang meninggal dunia pada bencana banjir di kabupaten Pesisir selatan, yang merupakan warga Kabupaten Padang Pariaman. 

Diketahui dari data sementara tercatar 4 ( empat) warga  Padang Pariaman yang meninggal dunia akibat musibah banjir dan longsor yang terjadi Kabupaten Pesisr Selatan, mereka adalah Tasnil (laki laki) 54 tahun, Zahani (perempuan) 54 tahun keduanya warga Kecamatan Koto Kampung Dalam, Arief Firman Rianto (laki laki) 25 tahun, warga Kecamatan Sungai Geringging, dan Andra Rahman (laki laki) 23 tahun warga Nagari Pilubang Kecantan Sungai Limau.

Gerak ceoat Bupati Padang Pariaman dalam penanganan bencana maupun pasca bencana ini, menjadi perhatian serius dari Kemenko PMK, hal tersebut dibuktikan dengan loby dan pendekatan Suhatri Bur yang telah mendatangkan Menteri dan Pejabat Setingkat Menteri ke Kabupaten padang pariaman, diantaranya 

Kepala BNPB RI Letjend Suharyanto menyerahkan bantuan penanggulangan bencana sebesar 250 juta rupiah serta logistik Kebencanaan untuk Kabupaten Padang Pariaman. 

Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan santunan Korban Longsor Korong Lapau Jambu, Nagari Sungai Durian, Kecamatan Patamuan masing masing sebesar 15 juta rupiah serta merekomendasikan anak korban untuk bekerja di BLK Kementerian Sosial.  

Dan hari ini Menteri Koordinator PMK Muhajir Effendy menyampaikan santunan Korban Banjir Pesisir Selatan yang merupakan warga Padang Pariaman, dan mengakumulasi seluruh permasalahan Kebencanaan di Kabupaten Padang Pariaman dibawa dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri untuk membahas usulan dan strategi penanganan bencana yang berkepanjangan di Kabupaten Padang Pariaman. 

Tampak Hadir menyambut kedatangan Menko PMK, Unsur Muspida Padang Pariaman, Kajari Pariaman, Sekretaris Daerah Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis, Asisten Adm Pembangunan dan Kesra Zainil, Ka Dinsos P3A Sumarni, Kepala Pelaksanan BPBD Padang Pariaman Budi Mulya beserta Jajaran beserta Jajaran, Kabag Prokopim Anton Wira Tanjung, Camat V Koto Kampung Dalam, Unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan, Walu Nagari se Kecamatan V Koto Kampung Dalam serta keluarga korban dan Masayarakat Padang Pariaman. (Rls)

    

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.