Padang Pariaman Terima Bantuan Penanganan Darurat Bencana Dari BNPB, Bantuan Tersebut Diterima Langsung Bupati Suhatri Bur

Bupati Padang Pariaman Suhatri But Terima Bantuan Penanganan Darurat Bencana Dari BNPB. Foto : Diskominfo


PADANG,- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, S. Sos.M.M menyerahkan bantuan penanganan darurat bencana untuk wilayah Kabupaten Padang Pariaman.

Bantuan tersebut langsung diserahkan kepala BNPB saat melakukan kunjungan kerja ke provinsi Sumateta Barat yang bertempat di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat pada Senin (11/03/2024).

Pada kunjungan kerja tersebut juga dilaksanakan rapat koordinasi dan evaluasi penanganan bencana banjir dan longsor. 

Pada kesempatan itu Pemerintah kabupaten Padang Pariaman menerima bantuan operasional Posko Penanganan Darurat Bencana sebesar Rp. 250.000.000,- dari BNPB yang diserahkan langsung  oleh Kepala BNPB Letjend Suharyanto kepada Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur.

Selanjutnya Suhatri Bur berkesempatan melaporkan kondisi bencana di kabupaten Padang Pariaman kepada kepala BNPB RI Letjen Suharyanto.

" Dapat kami laporkan kepada Bapak, akibat banjir  dan tanah longsor tersebut, setidaknya lebih dari 4000  jiwa warga terdampak, korban Jiwa sebanyak 3 Orang, lebih dari 974 unit rumah warga terendam banjir, dan lebih dari 334 Ha lahan pertanian terendam. Lebih dari 62 titik banjir, lebih dari 38 titik longsor,  lebih dari 151 unit infrastruktur rusak termasuk jalan, jembatan, bangunan infrastruktur kesehatan dan air bersih,  semuamya tersebar di 17 kecamatan dan 52 Nagari. " sebutnya melaporkan.

Selanjutnya Suhatri Bur menyampaikan Terimakasih atas bantuan yang diberikan BPBD, ini bentuk kepedulian Pemerintah Pusat melalui BNPB, langsung memberikan bantuan dan dadir di tengah tengah masyarakat yang ditimpa musibah di Sumatera Barat khsusnya di Padang Pariaman. 

"Atas nama masyarakat Kabupaten Padang Pariaman Kami ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Bapak kepala BNPB yang telah hadir dan memberikan Bantuan langsung kepada masyarakat, ini akan meringankan beban disaat penanganan darurat ini," pungkasnya 

Usai kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi  penanganan bencana banjir dan longsor dan penyerahan bantuan tersebut,  Sestama BNPB Dr. Rustian, S. Si., Apt., M. Kes, bersama  Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi didampingi Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Sekretaris Daerah Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis,  langsung meninjau lokasi meluapnya air sungai, dan tergerusnya pinggiran sungai dikarenakan curah hujan yg tinggi sehingga menyebabkan beberapa rumah warga roboh dan hanyut, di Korong Talao Mundam Nagari Ketaping. 

Diketahui akibat dari bencana Banjir yang terjadi di lokasi tersebut terdapat 17 rumah yang runtuh terdampak banjir di Korong Talao Mundam Nagari Ketapiang kecamatan Batang Anai.  

Pada kesempatan itu dilakukan penyerahan bantuan Operasional Posko Penanganan Darurat Bencana BNPB Bantuan berupa paket Sembako, Terpal, Susu, Pelampung dan selimut yang diserahkan oleh Bupati Padang Pariaman didampingi oleh Sestama BNPB Dr Rustian, APT di Korong setempat. (***/)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.