Cuaca Ekstrim, Bupati Suhatri Bur Ingatkan Warganya Selalu Siaga dan Waspada

 

Fhoto Dok.Google Image

PARIT MALINTANG - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman mengingatkan seluruh warga agar selalu siaga dan waspada terhadap cuaca ekstrim yang mungkin terjadi sebelum hingga sesudah Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

“Cuaca ekstrim berpotensi menyebabkan terjadi banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan gelombang tinggi,” ujar Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur dalam keterangannya, Jumat (5/4/2024).

Suhatri Bur mengatakan, pihaknya menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman untuk siaga cuaca ekstrim selama libur Lebaran Idul Fitri ini.

Ia juga meminta BPBD agar memetakan wilayah mana saja yang rawan bencana termasuk membuat langkah preventif yang akan dilakukan.

Selain itu, penanganan kepada para korban pasca-kejadian juga harus dipikirkan agar aktivitas masyarakat bisa terus berjalan.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II Minangkabau memprediksi cuaca ekstrem di beberapa daerah Sumatra Barat termasuk Padang Pariaman yang terjadi dari tanggal 1 sampai 10 April 2023.

“BMKG mendapatkan sinyal akan terjadi cuaca ekstrem pada waktu itu, seperti hujan lebat, petir dan angin kencang. Semuanya bersumber dari awan,” ujar Kepala BMKG Kelas II Minangkabau, Desindra Deddy, beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, angin kencang dan puting beliung biasanya terjadi pada sore hari, sedangkan hujan lebat biasa terjadi pada siang dan malam hari. (***/)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.