Pengobatan Tradisional Minangkabau dan Tipe-Tipe Penyembuh Pengobatan


Oleh : Lathifah Risya Jannah/Mahasiswi Universitas Andalas Padang

Foto ilustrasi dikutip dari Fhoto google

Sumatera Barat yang terkenal dengan ‘Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah adalah negeri yang sangat kaya dengan warisan budayanya. 

Negeri yang unik dengan adat istiadatnya yang memiliki sejuta misteri untuk dikaji. Keunikan budaya yang dimiliki daerah Minangkabau ini dapat dilihat langsung, juga dapat diketahui melalui sumber sejarah seperti buku, tugu, naskah-naskah kuno, ataupun melalui kebiasaan yang masih dilakukan oleh masyarakat Minangkabau sampai sekarang. 

Sebagai insan yang hidup di dunia, tentunya banyak permasalahan yang dihadapi oleh manusia, begitu juga halnya dengan masyarakat Minangkabau. Salah satu bentuk permasalahan tersebut adalah penyakit yang mendera tubuh manusia. 

Baik penyakit yang tampak yang bisa dideteksi dengan peralatan medis ataupun penyakit yang hanya bisa dirasakan oleh si penderita tapi tidak bisa dideteksi dengan menggunakan peralatan medis.

Masyarakat Minangkabau tinggal di Sumatera Barat, membentuk salah satu masyarakat matrilineal terbesar di dunia. Berbagai peneliti terpesona oleh fakta bahwa unsur matrilineal dan Islam hidup berdampingan. 

Oleh karena itu, banyak sekali publikasi mengenai masyarakat Minangkabau. Salah satu publikasi mengenai masyarakat Minangkabau yaitu dari gambaran metode pengobatan tradisional. 

Pengobatan tradisional atau yang lebih dikenal dengan pengobatan alternatif merupakan cara pengobatan yang menggunakan obat-obatan tradisional. Obat tradisional sendiri adalah jumlah keseluruhan semua pengetahuan dan praktek baik yang dapat dijelaskan atau tidak dalam diaknosis, pencegahan dan menghapus ketidakseimbangan fisik dan mental yang hanya mengandalkan pengalaman praktis dari generasi ke generasi. 

Pengobatan yang dilakukan ada dalam bentuk ramuan, ada dalam bentuk mantra, ada juga hasil kolaborasi dari ramuan dan mantra, bahkan ada dalam bentuk jimat. Pengobatan jenis ini banyak diminati oleh masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan. 

Di samping biaya pengobatan yang tidak terlalu besar juga bahan dasar ramuan obat mudah didapatkan, yang lebih penting lagi Masyarakat tersebut meyakini bahwa penyakit mereka bisa sembuh dengan pengobatan tradisonal tersebut, mulai dari penyakit yang biasa, seperti sakit perut, sakit kepala, sampai pada penyakit yang tidak bisa dideteksi menggunakan stetoskopnya para dokter, seperti santet biriang, tinggam dan sijundai.

Di Minangkabau penyakit ini bisa disembuhkan dengan pengobatan tradisional. Penyembuh pengobatan tradisional Minangkabau biasanya disebut Tabib yaitu orang pekerjaannya mengobati orang sakit secara tradisional, seperti dukun. 

Di Minangkabau ada 3 tipe penyembuh untuk pengobatan tradisional ini. Tabib Islam mengacu pada Islam. Dua jenis dapat dimasukkan ke dalam tabib Islami yaitu tabib Islami yaitu tabib Islam ortodoks yang hanya mengacu pada Al-Qur’an dan Sunnah serta tabib sufi yang menggabungkan beberapa pengetahuan esoteris. 

Penyembuh memiliki ‘perasaan’ khusus yang memungkinkan mereka mendeteksi penyakit. Terkadang ada surah tertentu dalam Al-Qur’an dapat membantu menemukan asal mulanya masalah. 

Misalnya tabib membacakan Surah Al-Fatihah, maka dia mengetahui hal itu setiap kata di dalamnya terkait dengan bagian tertentu tubuh.

Tabib tradisional (dukun) adalah istilah yang menunjukkan dukun tradisional yang menggunakan konsep Islam dan pra-Islam. 

Di sini, tabib yang diajak berkonsultasi untuk semua jenis gangguan sebagai spesialis seharusnya dibedakan. Mereka adalah spesialis dalam hal ini hingga penggunaan Teknik khusus, seperti Teknik pijat atau dapat dikategorikan sebagai spesialis dalam pengobatan satu jenis tertentu penyakit. 

Dukun biasanya mendeteksi penyakit / asal mula gangguan menggunakan ramalan. Dukun membacakan hal tertentu dan kemudia dia dapat melihat pola tertentu yang mengungkapkan asal muasal masalah medis. 

Dukun bisa dibilang penyembuh semua penyakit baik medis maupun non medis.Mediums (orang keturunan) biasanya dilakukan oleh Perempuan. Orang keturunan menggunakan metode penyembuhan yang ditunjukkan oleh makhluk halus / elemen tak kasat mata. 

Biasanya setelah berkonsultasi dengan penyembuh pasien disuruh mencari  tanaman yang harus dikumpulkan dan datang kembali dan memberi tau pasien tentang apa yang harus dilakukan, bagaimana menggunakan tanaman dan melanjutakn perawatan.

Ketiga jenis penyembuh yang disebutkan memiliki metode pengobatan unik mereka sendiri. Namun, ada ciri-ciri umum yang dapat ditemukan dalam semua penyembuh ini. Jika seorang pasien dating ke dukun, maka dia harus membuat diangnosis yang tepat. 

Terkadang hal ini mudah dilakukan Ketika penyembuh dihadapkan pada gejala yang jelas seperti goresan berdarah. Namun beberapa kelainan medis berbeda, yaitu menyulitkan untuk mendapatkan diagnosis ‘cepat’.

Meskipun ada tabib yang berbeda tradisi penyembuhan, pola umum dalam pengobatan dapat diamati. Secara umum ada tiga komponen penyembuhan:

Pemanfaatan Tumbuhan

Tumbuhan tertentu dapat digunakan untuk pengobatan gangguan Kesehatan tertentu. Contohnya tanaman si dingin (Bot. Bryophyll-lum Calycinum). Diasumsikan bahwa tanaman ini memiliki efek pendinginan. Sebenarnya dingin artinya ‘dingin’. Masyarakatnya menggunakan sehelai daun dan menempelkannya di dahi dari orang yang demam.

Penggunaan Doa

Tabib memiliki kesempatan untuk menggunakan doa khusus untuk tujuan penyembuhan. Beberapa Sebagian do aini berasal dari Al-Qur’an dan yang lainnya tidak memilki latar belakang agama yang jelas. Selain itu, isitilah dan nama agama juga digunakan untuk menciptakan semacam suasana religius.

Penguatan Kekuatan Penyembuhan Diri Tubuh

Bagi penyembuh lainnya, ada kekuatan vital (semangat) yang bisa kuat atau kuat lemah. Para tabib mencoba memperkuatnya. Misalnya, para tabib mungkin membacakan ayat-ayat Al-Qur’an air yang diminum pasien. Sebagai konsekuensi elemen penyembuhan diri dari tubuh seharusnya didukung.

Tidak semua penyembuh menggunakan ketiga elemen penyembuhan tersebut. Beberapa mungkin hanya menggunakan satu atau dua. Sebagian besar penyembuh Wanita sering kali tidak menggunakan doa selama metode pengobatan mereka, tetapi semuanya menggunakan tanaman. 

Di sisi lain, beberapa tabib laki-laki tidak menggunakan tanaman dalam metode penyembuhannya. Mereka bergantung pada efektivitas pemanggilan. Ini faktanya luar biasa karena tampaknya ada lebih dari itu unsur spesifik gender dalam pengobatan tradisional Minangkabau.

Perawatannya dapat terdiri dari berbagai tingkatan. Ditemukan bahwa kelainan medis itu sulit diobati ada beberapa tingkatan. Secara umum, ini adalah kelainan yang berhubungan dengan jin atau roh lainnya. Gangguan seperti ini dianggap parah. Oleh karena itu, para penyembuh menggunakan kombinasi tanaman dan doa. (**/)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.