Genius Umar : Tugas Camat Sebagai Koordinator Pemberdayaan Masyarakat

Genius Umar : Tugas Camat Sebagai Koordinator Pemberdayaan Masyarakat

Sabtu, 05 Maret 2016, 16.17.00




Wakil Walikota Pariaman DR.Genius Umar
Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar, hadiri acara serah terima jabatan (sertijab) Camat Pariaman Utara dari camat lama Yakirman kepada camat baru Afwandi, Kamis (3/3) di kantor setempat.

Pada kesempatan itu secara otomatis juga dilantik Ketua TP PKK Kecamatan dari yang lama Ratna Yakirman kepada Isra Afwandi yang dilantik oleh Wakil Ketua TP PKK Kota Pariaman, Lucy Genius.

Genius mengatakan, camat adalah ujung tombak pemerintah kota di kecamatan dan koordinator pembangunan di berbagai bidang.

“Tugas camat itu sebagai koordinator pemberdayaan masyarakat, camat harus mampu mengembangkan ekonomi masyarakat dan menggali segala potensi yang ada diwilayahnya,” kata Genius.

Kata dia, ada sembilan (9) tugas camat yang harus dikerjakan untuk memajukan suatu daerah, yaitu menyelenggarakan urusan pemerintah umum, mengkordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat, mengkordinasikan upaya penyelengaraan ketentraman dan ketertiban umum, menerapkan dan menegakan Perda dan Perkada, serta mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum.

Disamping itu, jelas dia, tugas camat juga mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintah yang dilakukan oleh perangkat daerah di kecamatan, membina dan mengawasi penyelanggaraan kegiatan desa atau kelurahan, melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kota yang tidak dilaksankan oleh unit kerja perangkat daerah kota yang ada di kecamatan.

“Kepada Ketua PKK yang baru dilantik agar dapat melaksanakan 10 program PKK. Jika ke-10 program tersebut dilaksanakan dengan baik maka kecamatan akan makan maju dan sejahtera," tambahnya. 

Sumber : www.pariamantoday.com

TerPopuler