M.Sa’ban Arp : Perlu Perencanaan dan Konsep Yang Jelas Dalam Membangun Daerah -->

M.Sa’ban Arp : Perlu Perencanaan dan Konsep Yang Jelas Dalam Membangun Daerah

Jumat, 11 Maret 2016, 17.27.00

M.Sya'ban Arp GM PT.Sari Indah Lestari Fhoto Bersama dengan Jajaran Komisari


Membangun suatu daerah tanpa diawali dengan perencanaan yang matang dan konsep yang jelas dikwatirkan akan sia-sia. Makanya seorang kepala daerah perlu menelaah dan mengkaji benar, dampak dari suatu pembangunan tersebut terhadap masyarakat dan lingkungan

Hal tersebut diungkapkan salah seorang putra Piaman  M.Sa’ban ARP yang sehari-hari GM PT.Sari Indah Lestari di Ciledug Tangerang Propinsi Jawa Barat yang bergerak dalam Pengembangan Property Comersial dalam sebuah diskusi ringan dengan penulis, baru-baru ini.

M.Sa’ban melihat berhasilnya kepala daerah dalam membangun daerah yang dipimpinya karena mereka punya konsep kota yang jelas salah satunya adalah mempunyai master plan kota dan perencanaan yang matang. Sehingga pembangunan yang dilakukan itu benar-benar dirasakan dampaknya oleh masyarakat dan tidak merusak lingkungan.

Dalam membangun rumah saja misalnya, tanpa adanya perencanaan dan konsep yang jelas. Pasti rumah yang dihasilkan akan berbeda. Kalau punya konsep dan perencanaan otomatis ada gambar dan ada RAB. Sementara yang tidak  punya konsep jelas hanya dengan dikira-kira, sehingga tukang yang mengerjakannya pun jadi binggung dan rumah yang dihasilkan tidak memuaskan.

Karena selera tukang tidak sama dengan selera para pemilik rumah. Sehingga sering ditemukan rumah yang sudah dikerjakan dibongkar lagi karena tidak sesuai dengan selera yang diinginkan. “ Begitulah kira-kira konsep saya dalam membangun suatu daerah,” jelasnya.

Rumah yang dibangun dengan konsep yang jelas itu akan lebih efisien dan jika dijual akan bernilai tinggi. Karena rumah tersebut sebelum dibangun sudah disediakan gambar, anggaran biaya. Sehingga tukang dan pekerja  pun tidak bingung dalam membangun rumah tersebut. “ Jika ini sudah diterapkan kepala daerah saya yakin daerah yang dipimpinnya akan lebih berkembang, karena mereka membangun daerahnya dengan master plan yang matang,” ungkapnya.


Baru-baru ini Gubernur Sumatera Barat Prof.Irwan Prayitno telah melantik kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil pilkada serentak tanggl 9 Desember 2015 yang lalu. Diharapkan kepala daerah dan wakil kepala daerah ini punya  konsep dan master plan yang jelas dalam membangun daerahnya. Sehingga daerahnya dapat sejajarnya dengan daerah lainnya di nusantara ini.

Darwisman


TerPopuler