Pulau Angso Andalan Wisata Kota Pariaman Makin Diminati Masyarakat -->

Pulau Angso Andalan Wisata Kota Pariaman Makin Diminati Masyarakat

Sabtu, 12 Maret 2016, 19.55.00


 

Pulau Angso di Kota Pariaman Propinsi Sumatera Barat semenjak tiga tahun terakhir semakin diminati masyarakat. Sehingga tidak lengkaplah rasanya jika anda sudah sampai di Kota Pariaman yang dikenal dengan kota tabuik itu tidak menyempatkan diri untuk bertandang dan bersenang-senang bersama keluarga dan andai tolan ke pulau angso nan semakin cantik dan menawan itu.

Untuk sampai ke Pulau Angso tidaklah sulit karena setiap harinya ada puluhan kapal siap untuk mengantar anda menuju pulau angso duo ini. Itupun anda tidak perlu mengeruk kocek terlalu dalam, karena harga sangat terjangkau. Murah kok, pokoknya pasti terjangkau buat kantong kita-kita yang tidak terlalu tebal.

Jika musim libur datang, maka ratusan orang setiap harinnya bermanja-manja dan  bersenda gurau di pulau nan cantik ini. Ada yang datang dari seputaran Sumatera Barat, ada yang juga yang datang dari luar Propinsi Sumatera Barat, biasanya datang secara berombongan, dengan dipandu oleh seorang pemandu wisata yang mengenal betul seluk-beluk pulau angso duo ini.

Pulau Angso Duo memiliki pasir putih dan kerang-kerang yang sangat indah disekeliling pulau tersebut. Luas Pulau Angso Duo ini tidak terlalu besar jadi kita bisa berkeliling pulau ini hanya dengan berjalan kaki, sambil berselfie ria bersama teman-teman sebagai kenang-kenangan.

Apabila datang di sore hari yang cerah kita juga dapat menyaksikan sunset secara langsung tanpa ada gangguan. Sunguh-sunguh sangat aduhai, sulit dilukiskan dengan kata-kata pokok penat-penat kerja kita selama seminggu, akan hilang seketika.

Pasir putih Angso Duo yang bersih dan lembut saat dipijak, sungguh terasa mempesona oleh air laut jernih nan berombak kecil-kecil itu. Dua hal itu hanya sebagian dari pesona yang ditawarkan pulau seluas 3,5 hektar tersebut.

Palau indah yang tidak berbukit-bukit ini membuat sejumlah wisatawan memilih berkeliling pulau. Ada yang menyisir pantai atau berjalan kaki lewat di tengah pulau yang didominasi vegetasi hutan dengan jenis pohon seperti aru dan kelapa. Tak perlu takut tersesat karena di tengah hutan disediakan jalur pejalan kaki yang sangaja di bangun Pemko Pariaman untuk penjalan kaki guna memudahkan wisatawan. Ada mitos boleh percaya boleh juga tidak jika anda  dapat dapat mengelilingi pulau dengan berjalan kaki kemudian berdoa, apa yang diharapkan akan terwujud.

Di kawasan pulau yang lagi ngetren ini terdapat makam berusia ratusan tahun sepanjang empat meter yang sering dikunjungi wisatawan untuk berziarah. Makam itu diyakini milik Syekh Katik Sangko (kerabat Syekh Burhanuddin, ulama penyebar Islam di Minangkabau). Konon kabarnya berasal dari Mudiak Padang Tandikek Padang Pariaman.

Nama ulama tersebut dikaitkan dengan mitos asal mula nama Pulau Angso Duo, yakni petunjuk berupa awan berbentuk angsa yang membawa sang ulama datang dan menetap ke pulau itu.


Terlepas dari mitos tersebut, Pulau Angso Duo memang indah. Tidak hanya pasir putih dan ombak yang tenang, pulau itu juga memiliki kekayaan bawah laut yang memesona.

 Di sisi timur pulau terdapat terumbu karang seperti jenis arcopora serta biota laut seperti teripang. Terdapat juga berbagai jenis ikan hias dan karang sehingga cocok untuk wisatawan yang gemar snorkeling dan menyelam. Bagi yang suka berkemah juga sangat cocok untuk berkemah di pulau yang menawan nan cantik ini.

Pemerintah Kota Pariaman dibawah duet kepemimpinan Muklis Rahman dan Genius Umar tanpa mengenal lelah terus berbenah, untuk memperbaiki sarana dan prasana untuk menunjang pariwisata Pariaman nan semakin diminati oleh masyarakat Pariaman.

Kalau dulu anda boleh saja mengatakan Pariaman hanya diramaikan ketika musim tabuik datang. Kalau sekarang setiap pekannya selalu diramaikan masyarakat untuk menghabiskan liburnya di Kota Pariaman, paling banyak adalah yang datang itu adalah berlibur ke Pulau Angso. Jadi bagi bapak,ibu, sobat yang belum menginjakan kakinya di pulau angso ayo datanglah ke Pariaman.

Darwisman


TerPopuler