126 Ribu Lansia Kurang Mampu, Juni 2016 Akan Mendapatkan Bantuan Sosial Melalui Program PKH. -->

126 Ribu Lansia Kurang Mampu, Juni 2016 Akan Mendapatkan Bantuan Sosial Melalui Program PKH.

Sabtu, 16 April 2016, 08.30.00
126 Ribu Lansia Di Seluruh Indonesia Akan Mendapatkan Bantuan dari Pemerintah Melalui Program PKH ( Fhoto : Antara )
Bandung,BANGUNPIAMAN.COM---Menteri Sosial Khofifah Indar Paranwansa mengatakan mulai bulan Juni 2016 sebanyak 126 ribu penduduk lanjut usia (lansia) yang kurang mampu akan mendapatkan bantuan sosial dari dana program keluarga harapan (PKH).

"Lansia kurang mampu di atas 70 tahun tahun 2015 lalu, kami baru bisa memberikan bantuan sosial sebesar Rp200 ribu per bulan dan baru 29 ribu lansia yang mendapatkan bantuan tersebut," kata Khofifah Indar Paranwasa di Bandung, Rabu lalu.

Ditemui usai membuka Rapat Koordinasi Program Pemberdayaan Sosial di Ballroom Hotel Savoy Homann Bandung, ia mengatakan bantuan juga akan diberikan untuk kelompok disabalitas berat.

"Setiap bulan mendapat Rp300 ribu dimana tahun lalu baru menyasar 22 ribu penyandang disablitas. Juni ini akan kita cover 163 ribu," kata Khofifah.

Menurut dia pemberian bantuan untuk lansia dan disabilitas berat ini per empat bulan sekali sedangkan untuk basis keluarga menerima setiap tiga bulan.

Anggaran untuk program perlindungan sosial Conditional Cash Transfer (CCT) atau Program Keluarga Harapan (PKH) pada tahun 2016, kata dia, mencapai Rp9,98 triliun dan jumlah ini naik dibandingkan tahun lalu yang hanya sebesar Rp5,6 triliun.

"Bulan April ini Kemensos melakukan finalisasi tambahan Program Keluarga Harapan atau PKH sebanyak 2,5 juta penerima baru dari yang sudah ada sekarang 3,5 juta penerima," kata Khofifah.

Oleh karena itu, Mensos meminta agar dinas sosial tingkat provinsi dan kabupaten/kota agar siap dan siaga mengingat besarnya jumlah dana PKH yang diberikan pada tahun ini.

Sumber : antara.

TerPopuler