Air Terjun Eksotik Batu Basurek Sungai Geringging, Objek Wisata Baru Padang Pariaman


Objek Wisata Nan Eksotik Batu Basurek Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman ( Fhoto Diambil Dari Internet)


Kemanakah anda menghabiskan akhir pekan anda minggu ini ?. Kali ini ada baiknya anda mengunjungi Air Terjun Batu Basurek di Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman.

Untuk mencapai Air Terjun Batu Basurek tersebut,  anda datang saja ke Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Ada harus menuju ke Korong Ladang Rimbo Nagari Sungai Sirah. Butuh waktu satu jam untuk mencapai lokasi Air Terjun tersebut. . Jalan menuju ke lokasi pun relatif landai, tetapi masih banyak semak belukar. Selain itu, dari Ladang Rimbo juga sudah dibuka jalan usaha tani yang mempersingkat jarak ke Air Terjun Batu Bersurek.

Untuk menuju lokasi mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang eksotik dengan alam yang sangat asri.
Air terjun itu terdiri dari tiga tingkat dengan keunikan tersendiri pada masing-masing tingkat. Untuk mencapai ketingkat tiga butuh perjuangan, karenaya karena medannya lebih berat dengan jalan harus memutar.

Dari informasi yang berkembang, air terjun itu konon menyimpan misteri hingga masyarakat setempat menamainya Batu Bersurekt. Misteri itu dikabarkan berkaitan dengan kedatangan Bujang Sembilan ke air terjun itu dan meninggalkan pesan tertulis pada sebuah batu.

Legenda Bujang Sembilan ini disebutkan berkait dengan cerita tentang asal-usul terjadinya Danau Maninjau di Kabupaten Agam yang tak begitu jauh dari lokasi Air Terjun Batu Bersurek.

Hanya saja, batu bersurek itu tidak bisa kita lihat. Yang bisa melihatnya adalah orang yang hilang di kawasan itu, hilang dilarikan si bunian. Setelah ditemukan kembali beberapa hari kemudian, orang itulah yang bercerita kalau dia melihat ada batu bersurek. Sejauh mana kebenarannya, Wallahu'alam.

Camat Sungai Geringging Azwarman menyebutkan, sudah ada upaya warga setempat membentuk Kelompok Pemuda Sadar Wisata, baik di Lambeh maupun di Ladang Rimbo. Kelompok ini berkomitmen memandu para pengunjung atau wisatawan menuju Objek Wisata Air Terjun Batu Bersurat. (Darwisman/ Dari Blog Tk Ahmad Damanhuri Wartawan Singgalang)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.