Ali Mukhni : PMI Hadir Dari Masyarakat Untuk Masyarakat

Pengurus PMI Sumbar Sultani Wirman Melantik Kepengurusan PMI Kabupaten Padang Pariaman Yang Dipimpin Bupati Ali Mukhni ( Fhoto : Humas Padang Pariaman )

Parit Malintang, BANGUNPIAMAN.COM----Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai garda terdepan dalam penanggulangan bencana, kegiatan donor darah dan masalah-masalah sosial lainnya. Kehadiran PMI terbukti mampu meringankan masyarakat yang butuh pertolongan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ali Mukhni ketika dalam sambutannya usai dilantik sebagai Ketua PMI Kab. Padang Pariaman Periode 2014-2019 di Aula IKK, Kamis (14/4).

"PMI hadir dari masyarakat dan untuk masyarakat," ujarnya. Dikatakannya bahwa PMI tak berbicara kepentingan pribadi, kelompok tapi kepentingan umat. Tidak ada unsur politik, tidak ada membeda-bedakan tapi murni gerakan kemanusiaan.

Ke depan, PMI juga fokus dalam pemberantasan penyakit masyarakat. Seperti Penyalahgunaan narkoba dan pergaulan beban yang sudah sangat meresahkan."Tidak ada satu elemen masyarakat yang tidak dimasuki oleh narkoba," kata penerima Pemuda Award 2014 itu.

Ia beralasan bahwa peredaran narkoba merupakan bencana yang lebih besar dari serangan teroris maupun bencana alam. Indonesia juga dikenal sebagai pabrik narkoba tersebar di berbagai wilayah sehingga akan merusak geberasi muda dan bisa mengakibatkan kematian. Bupati Ali Mukhni inginkan PMI juga garda terdepan dalam penberantasan narkoba saat memberikan sambutan pada pelantikan Pengurus PMI Padang Pariaman Periode 2014-2019 di Aula IKK, Kamis (14/4)
"Dari data diketahui korban meninggal bisa mencapai 50 orang per hari di Indonesia akibat narkoba," kata Ketua Kwarcab Pramuka Padang Pariaman itu.

Sementara Pengurus PMI Sumbar Sulthani Wirman apresiasi PMI Padang Pariaman yang eksis dan peduli di setiap adanya kejadian atau peristiwa yang menimpa daerah penghasil kakao tersebut. PMI Padang Pariaman juga pernah mendapat perhatian dan bantuan dari PMI Amerika Serikat," kata Pensiunan PNS Pemprov Sumbar itu.

Sulthani juga mendukung gagasan dari Bupati Ali Mukhni agar PMI juga memiliki kegiatan pemberantasan narkoba. Ia mengaku prihatin dampak negatif narkoba bisa merusak tatanan hidup bermasyarakat dan bernegara.

"Narkoba adalah musuh utama bangsa. Saya kira usul pak Ali Mukhni merupakan masukan yang sangat berharga. Kita ingin PMI juga berperan melindungi masyarakat dari penyalahgunaan narkoba," katanya.

Pada kesempatan itu Sultani juga menegaskan bahwa PMI boleh menerima dana hibah setiap tahun dari Pemerintah sesuai Surat Edaran Mendagri."Jadi kepala daerah tidak perlu khawatir untuk menganggarkannya," katanya.

(wis/humaspadangpariaman)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.