Berhasil Mengenjot Pariwisata, Kota Pariaman Dianugerahi ASITA Award -->

Berhasil Mengenjot Pariwisata, Kota Pariaman Dianugerahi ASITA Award

Selasa, 05 April 2016, 19.27.00
Wakil Walikota Pariaman DR.Genius Umar Ketika Menerima Penghargaan ASITA Award Dari Ketua ASITA Sumbar Asnawi Bahar (Dok.Humas Kota Pariaman)

Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM — Wakil Walikota Pariaman DR.Genius Umar mengatakan, Kota Pariaman tidak mempunyai  Sumber Daya Alam (SDA)  yang bisa dikelola untuk industri. Hanya Pariwisata yang dapat dimanfaatkan dan dikelola sebagai sumber pendapatan daerah untuk peningkatan taraf hidup masyarakat.

“ Dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung, secara tidak langsung akan meningkatkan PDRB di tengah masyarakat, dan akan terbentuk kelompok-kelompok  pemuda yang sadar wisata. Apabila semakin banyak anak-anak muda yang mengerti tentang pariwisata, dan masyarakat menikmati peningkatan perekonomian dari sektor pariwisata, maka untuk menjadikan Kota Pariaman sebagai Destinasi baru pariwisata baik di Sumatera Barat, di Indonesia bahkan sampai mancanegara dapat diwujudkan,” kata DR.Genius Umar ketika menjadi sebagai narasumber dalam acara Seminar Pariwisata yang dilaksanakan oleh DPD Association of the Indonesia Tour & Travel Agency (ASITA) Sumatera Barat di Hotel Axana Padang (4/4).

Dia mengatakan tentang tema yang diangkat yaitu isu strategis pariwisata sangat relevan dengan apa yang telah di dibuat oleh Sumatera Barat umumnya dan Kota Pariaman khususnya. Dengan memahami apa saja isu strategis bagi setiap daerah dalam mengembangkan pariwisatanya , diharapkan dapat mensinkronisasi potensi daerah yang ada sehingga tidak terjadi saling tumpang tindih kepentingan pariwisata di daerah.

Setelah acara seminar pariwisata dilanjutkan dengan penyerahan ASITA Award  kepada Kepala Daerah yang menjadi Pioner Developer and Constant Support of Tourism Destination, untuk Sumatera Barat hanya 2 Daerah, yaitu kepada Kota Pariaman yang diterima oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dan kepada Kota Padang yang diterima oleh Walikota Padang Mahyeldi. Genius Umar mengucapkan apresiasi terhadap ASITA Sumbar yang telah memberikanPenghargaan  Anugerah ASITA Award ini kepada Kota Pariaman.

“ ini membuktikan bahwa Kota Pariaman saat ini benar-benar serius dalam menggarap potensi pariwisatanya, dan ini telah dibuktikan dengan tingginya kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Kota Pariaman, tercatat  sebanyak 2,5 jta wisatawan domestic, dan 645 kunjungan dari mancanegara, di tahun 2015 kemaren,” tukasnya.

Ketua Umum ASITA Indonesia Asnawi Bahar dalam sambutannya mengatakan saat ini telah ada 34 DPD ASITA di seluruh provinsi di Indonesia dengan jumlah peserta sebanyak lebih dari 7000 peserta. Melalui ASITA kita telah banyak menciptakan peluang kerja bagi masyarakat dan Sektor pariwisata di tahun mendatang akan menjadi penyumbang Devisa Negara ke Dua di Indonesia. Untuk tahun 2015 saja kita telah menyumbang 12 Miliyar US Dolar kepada Negara, ucapnya.

“Sumatera Barat telah ditunjuk sebagai salah satu Destinasi Halal di Indonesia, yang mana provinsi yang ditunjuk hanya 3 untuk Indonesia, yaitu Lombok yang telah mendapat pengakuan dari dunia internasional, kemudian Aceh dan Sumatera Barat. Hal ini hendaknya mendapati perhatian khusus dari pemerintah Sumbar dan Kota/Kab yang ada di Sumbar. Saat ini wisatawan mancanegara 90% masih menggunakan biro perjalanan wisata yang tergabung dalam ASITA, sehingga diharapkan terjalin kerjasama yang baik antara pemerintah dengan ASITA dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Dunia untuk menikmati pesona Sumatera Barat,” jelasnya.

Sebelum acara seminar dan penyerahan ASITA Award, diadakan pelantikan DPD ASITA Sumbar untuk periode 2016-2020. Hadir dalam acara Ketua DPD ASITA Sumbar Ian Hanafiah yang kali ke dua terpilih sebagai ketua, Walikota Padang Mahyeldi, Kadis Pariwisata se Sumbar, Pengurus ASITA se Sumbar dan Pemilik Hotel serta Pemerhati dan Pelaku Pariwisata yang hadir. (Wis/Humas Kota Pariaman)

TerPopuler