Wawako DR.Genius Umar : Bagindo Dahlan Abdullah Putra Asli Piaman, Banyak Berjasa Untuk Bangsa dan Negara -->

Wawako DR.Genius Umar : Bagindo Dahlan Abdullah Putra Asli Piaman, Banyak Berjasa Untuk Bangsa dan Negara

Kamis, 07 April 2016, 19.21.00





Wawako Pariaman DR.Genius Umar Fhoto Bersama Dengan Keluarga Alm Bagindo Dahlan Abdullah (Fhoto : Humas PemkoPariaman)

Kota Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM—- Penggalian sejarah Bagindo Dahlan Abdullah putra asli Pariaman sangat penting dilaksanakan dalam perspektif kemasyarakat untuk menumbuhkan dan meningkatkan pemahamana kesadaran sejarah yang bermuara pada tumbuhnya sikap rasa kejuangan terhadap daerah.(7/4/16)

Pembangunan yang dilaksanakan di Kota Pariaman sangat terkait erat dengan sikap kejuangan sesuai dengan proporsional masing-masing sehingga menimbulkaan kecintaan dan dapat menumbuhkan harapan-harapan pencerahan bagi daerah.

Pada acara seminar ini dihadiri Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Akademisi Jurusan Sejarah Unand Padang Gusti Asnam dan Hary Effendi Iskandar, Dinas Sosial Pemrov Sumbar Muchtar Luthfi Hasan, Salah Satu Dosen Universitas di Colorado California Gandasari Win, Anggota DPRD Kota Pariaman Afrizal, Asisten I Khaidir, Kepala SKPD, Kabag, Camat se-Kota Pariaman dan undangan dari berbagai lapisan masyarakat lebih dari 150 orang serta awak media baik media cetak dan media elektronik dan satu orang wartawati dari Colorado California.

Pada sambutan Wakil Walikota Pariaman Genius Umar pada kegiatan kepahlawanan Bgd. Dahlan Abdullah yang dilaksanakan di Aula Balaikota Pariaman mengatakan “Beliau telah banyak berjasa untuk bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berjuangan tidak saja dengan secara konvesional tetapi juga melalui andil yang besar dalam perubahan sosial, politik, ekonomi dan budaya anak bangsa pencapaian kemerdekaan tegaknya republik serta penerimaan dan pengakuan internasional terhadap Negara Indonesia.”

“Setelah kemerdekaan Beliau menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Irak pada tahun 1950 sampai menghembuskan nafas terakhirnya dan dimakamkan di sana dengan upacara kebesaran di Mesjid Syeikh Abdul Qadir Jailani di Bagdad,” ungkap Genius sapaan akrab Wawako Pariaman ini.

“Pemerintah telah membuat payuang hukum untuk menetapkan Jalan Bgd. Dahlan Abdullah sebagai salah nama jalan di Kota Pariaman, dengan harapan seluruh komponen masyarakat senantiasa mengenang dan merenungkan semangat juangan dalam menegakkan NKRI” tambah beliau.



Di akhir sambutan Wawako Pariaman menegaskan bahwa secara legitimasi Pemerintah Republik Indonesia Belum menganugerahkan gelar Kepahlawanan kepada Bgd. Dahlan Abdullah namun dimata masyarakat Kota Pariaman beliau telah menjadi pahlawan Nasional atas jasa dan nilai kejuangannya terhadap NKRI.

Seyogianya nilai-nilai kejuangan Bgd. Dahlan Abdullah adalah bagaimana ditanamkan dan kembangkan terus dalam berkorban untuk membela kepentingan bersama, selain itu seminar ini merupakan upaya pemerintah dan keluarga secara administrasi untuk pengukuhan gelar pahlawan nasional atas Bgd. Dahlan Abdullah tersebut. (Wis/Humas)

 


TerPopuler