Lomba Ketangkasan Baruak Memetik Kelapa Warnai Festival Gandoriah 2016

Lomba Ketangkasan Baruak Memetik Kelapa Warnai Festival Gandoriah 2016

Minggu, 29 Mei 2016, 18.38.00
Pengunjung Pantai Gandoriah Terlihat Antusias Melihat Ketangkasan Baruak Memetik Kelapa ( Fhoto : Humas )
Kota Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM--Kodim 0308 Pariaman bekerjasama dengan Dinas Budpar Kota Pariaman, kembali menyelenggarakan Lomba Beruk Petik  Kelapa yang dilaksanakan di Pantai Gandoriah, minggu 29/5.

Acara ini adalah kali kedua dilaksanakan di Pantai Gandoriah, yang mana pada perhelatan pertama masih bernama Festival Pesisir tahun 2015. Event ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Festival Pesona Gandoriah 2016, yang pelaksanaannya sampai tanggal 1 Juni 2016.

Dalam perlombaan ini peserta yang ikut bukan hanya dari Kota Pariaman saja, tetapi juga Kabupaten Padang Pariaman, saat ini peserta yang terdaftar sebanyak 32 peserta yang terdiri dari beruk besar dan beruk kecil.

Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh. Endro Nurbantoro mengatakan kegiatan ini dilakukan selain sebagai satu-satunya perlombaan yang khas dari Kota Pariaman dan mungkin satu-satunya di nasional dan mancanegara. " Jadi perlombaan ini juga melestarikan kebudayaan lokal yang saat ini semakin tergerus oleh perkembangan zaman,"ungkapnya.

“Kedepan agar event ini menjadi salah satu agenda rutin tahunan yang termasuk dalam rangkaian agenda Festival Gandoriah di tahun-tahun berikutnya”, harapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman Efendi Jamal mengatakan lomba beruk petik kelapa ini merupakan keunikan yang dimiliki oleh Kota Pariaman. Karena itu kita perlu melestarikan tradisi budaya ini selain kedepan kita akan menghidupkan kembali olahraga lokal dan kebudayaan lama yang sudah jarang dimainkan oleh anak zaman sekarang, jelasnya.

Pemenang I, II dan III serta Harapan akan mendapatkan hadiah tropy, uang tunai dan sertifikat.

Para pengunjung Pantai Gandoriah antusiasme menonton perlombaan ini, karena bagi mereka, ini adalah perlombaan yang belum pernah mereka lihat sebelumnya di tempat lain. (J/Hms)

TerPopuler