Tokoh Masyarakat Piaman H.Syahril Amiruddin : Perbedaan Masuknya 1 Syawal di Piaman Tidak Perlu Dipermasalahkan -->

Tokoh Masyarakat Piaman H.Syahril Amiruddin : Perbedaan Masuknya 1 Syawal di Piaman Tidak Perlu Dipermasalahkan

Senin, 04 Juli 2016, 20.45.00
Ir.H.Syahril Amiruddin Berharap Perbedaan Masuknya 1 Syawal di Piaman Tidak Perlu Dipermasalahkan ( Fhoto Istimewa)
Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Meski pemerintah telah memutuskan pelaksanaan shalat idul fitri 1437 H/ 2016, akan dilaksanakan hari Rabu tanggal 6 Juli 2016. Namun, demikian warga syatariah di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman baru akan melaksanakan shalat Idul Fitri tanggal 7 Juli 2016 yang diawali dengan mencaliak bulan, pada rabu tanggal 6 Juli2016..

Tokoh masyarakat Kota Pariaman H.Syahril Amiruddin berharap hendaknya perbedaan masuk 1 syawal, janganlah  ini dijadikan permasalahan. Karena perbedaan itu adalah rahmat dari Allah SWT. Karena selama ini perbedaan tersebut bagi masyarakat Piaman baik itu Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman tetap selalu bersatu dan kompak dalam kehidupan sehari-hari dan bermasyarakat. Bagi yang shalat Idul Fitri tanggal 6 Juli 2016 kita hormati, begitu juga yang melaksanakan shalat Idul Fitri tanggal 7 Juli 2016 juga sama-sama kita hormati.

" Sebagai makhluk sosial, kita tidak akan dapat hidup sendiri tanpa berhubungan dengan orang lain. Sebagai manusia, kita harus senantiasa menjaga hubungan baik secara vertikal kepada Allah dan secara horisontal, terhadap sesama manusia," kata staf ahli DPR-RI tersebut kepada www.bangunpiaman.com, Senin (3/7) di Pariaman..

Menurut Syahril Amiruddin, seremoni ritual Idul Fitri mengandung muatan ibadah baik secara vertikal maupun horisontal. Ibadah sosial pada Idul Fitri tidak hanya terbatas pada solidaritas sosial, juga harus bermurah hati dalam aspek moral dan spiritual dengan bersilaturrahim dan saling maaf memaafkan. Tindakan moral sepiritual inilah yang oleh masyarakat Minang umumnya bangsa Indonesia dijadikan sebagai ritual pokok dalam berhari raya Idul Fitri.


" Untuk itu saya atas nama pribadi dan keluarga mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1437 H kepada seluruh masyarakat Piaman baik yang berdomisili di Kabupaten Padang Pariaman maupun di Kota Pariaman.Mohon Maaf Lahir dan Bathin," kata politisi Partai Amanat Nasional itu  mengakhiri.

DARWISMAN
..

TerPopuler