Wakil Walikota Pariaman Dr.Genius Umar Terima Penghargaan Koperasi Award 2016 Dari Menkop dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga

Wakil Walikota Pariaman Dr.Genius Umar Terima Penghargaan Koperasi Award 2016 Dari Menkop dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga

Kamis, 21 Juli 2016, 20.30.00
Wakil Walikota Pariaman Dr.Genius Umar Bersama Mentri Koperasi Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga (Fhoto Humas )

Kota Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM----Wakil Walikota Pariaman Dr.Genius Umar menerima Penghargaan Koperasi Award Tahun 2016 dari Mentri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Penghargaan tersebut diterima pada peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkonas) ke 69 tahun 2016 yang dilaksanakan di Jambi tanggal 21 Juli 2016. Dimana acara Peringatan Harkonas ini, dibuka langsung  Presiden Joko Widodo.

Untuk Provinsi Sumatera Barat yang mendapat penghargaan Bakti Koperasi dan UKM tahun 2016 yaitu, Walikota Payakumbuh Riza Falapi, Walikota Sawahlunto Ali Yusuf, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Sijunjung Febrizal Ansori dan Ketua Dekopinda Kabupaten Limapuluh Kota Kasman Kasim.

Genius Umar mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM dan tim penilai yang telah datang di kota Pariaman pada bulan Mei yang lalu, untuk mendengarkan pemaparan atas apa yang telah kita kerjakan, dalam penilaian penerima penghargaan Bakti Koperasi dan UKM tahun 2016, yang Alhamdulillah, akhirnya saat ini dapat menerima penghargaan tersebut, yang diserahkan langsung oleh bapak Menteri, ucapnya.

“Ini semua tidak terlepas dari keinginan masyarakat Kota Pariaman yang mulai memahami arti pentingnya keberadaan koperasi, sebagai salah satu upaya dalam peningkatkan ekonomi kerakyatan di dalam kehidupan mereka sehari-hari, serta kerja keras dari Dinas Koperindag Kota Pariaman dalam memberikan pengarahan kepada koperasi yang ada di Kota Pariaman”, tuturnya.

Lebih lanjut ia menambahkan saat ini Pemerintah Kota Pariaman berupaya untuk menghidupkan kembali koperasi-koperasi yang ada di tengah masyarakat, baik koperasi simpan pinjam , koperasi nelayan, koperasi petani maupun koperasi lainnya, yang secara tidak langsung keberadaan koperasi ini nantinya, akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman, tutupnya.

Kadis Koperindag Kota Pariaman Gusniyeti Zaunit menjelaskan, Wakil Walikota Pariaman telah banyak mengambil peranan dalam membangun kemajuan koperasi di Kota Pariaman. Salah satunya dengan membuat kerjasama dengan Telkom Indonesia dan BNI, dalam rangka membuat Kampung Digital dan Kampung UMKM, serta membuat gerai Toko Online, yang pada saat ini di Kota Pariaman telah ada sebanyak 169 gerai Toko Online.

Kota Pariaman juga telah menandatangani MoU dengan Kementerian Keuangan RI dalam rangka SIKP, yaitu system yang terintegritas dengan Perbankan dalam hal peminjaman modal usaha, yang mana Kota Pariaman melalui Dinas Koperindag kota Pariaman telah mendata 3.959 UMKM yang termasuk dalam SIKP ini, ujarnya.

“Sejak dilantik tahun 2013 lalu, kami langsung dipanggil dan mendapat tugas dari bapak Genius Umar, untuk mengidentivikasi serta pendataan berapa jumlah koperasi yang ada di Kota Pariaman dan berapa yang sudah tidak aktif lagi, berkat bimbingan beliau saat ini sudah ada 7 koperasi yang hampir bubar, telah diaktifkan kembali,” terangnya. Darwisman/Humas Kota Pariaman

TerPopuler