Padang Pariaman Mempersiapkan Diri Hadapi Penilaian Sekolah Sehat Tingkat Sumbar

Padang Pariaman Mempersiapkan Diri Hadapi Penilaian Sekolah Sehat Tingkat Sumbar

Selasa, 30 Agustus 2016, 18.15.00
SMAN 1 2 X 11 Enam Lingkungan Siap Mengikuti Lomba Sekolah Sehat Tingkat Sumbar ( Fhoto : Humas )


Parit Malintang, BANGUNPIAMAN.COM----Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melakukan persiapan dalam rangka mengikuti penilaian lomba sekolah sehat tingkat Provinsi tahun 2016.

Persiapan dimulai dengan duduk bersama antar pihak-pihak yang terlibat di ruang rapat Sekretaris Daerah pada Selasa, (30/8/2016).

Penilaian lomba sekolah sehat ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan mengikutsertakan seluruh pemerintah kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Rencananya, penilaian akan dimulai pada tanggal 7 dan 8 September 2016 yang akan datang. Dalam rangka mengikuti ajang lomba sekolah sehat, Pemkab Padang Pariaman melalui leading sektor Bagian Kesra mengajak kepada semua pihak yang terlibat agar terus meningkatkan koordinasi.

"Dimohon kepada bapak ibu yang terlibat untuk terus meningkatkan koordinasi dan sekaligus mengajak turun ke lapangan dalam rangka melakukan monitoring serta pembenahan di semua lini," ujar Kabag Kesra Elda Husniwar berharap.

Sementara itu, Sekdakab-Jonpriadi, SE, MM selaku pimpinan rapat menekankan perlunya pembinaan serius dan juga sangat dibutuhkan keterlibatan semua pihak terutama support dari masyarakat di sekitar lingkungan sekolah.

Penilaian lomba sekolah sehat tahun ini, Kabupaten Padang Pariaman diwakili oleh sekolah-sekolah pada tiap level. Untuk tingkat TK diwakili oleh TK Tunas Mekar, Kampung Guci Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, tingkat SD yakni SDN 08 Nan Sabaris, tingkat SMP yaitu SMP 4 Lubuk Alung dan tingkat SMA diwakili oleh SMA 1 2x11 Enam Lingkung.

Hadir dalam rapat tersebut adalah perwakilan dari sekolah yang akan mengikuti penilaian, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kantor Lingkungan Hidup, Camat Lubuk Alung, Kasi Kesra Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, serta Kabag Kesra beserta jajarannya.

Peserta rapat satu persatu memberikan pandangan dan saran terkait dengan kesiapan penilaian. Diantaranya disampaikan oleh perwakilan dinas kesehatan.

Sekolah akan dilengkapi dengan poster seperti poster HIV dan larangan merokok. Sedangkan poster pada sekolah TK disesuaikan dengan budaya dan karakter anak-anak seperti: membudayakan kebiasaan sikat gigi dan ajakan untuk terus menjaga kebersihan lingkungan. Senada dengan itu, Dinas Kesehatan juga memberikan himbauan untuk menjaga lingkungan sekolah terutama kantin agar menyediakan jajanan sehat, bersih dan terbebas dari bahan-bahan yang membahayakan kesehatan.

Pada kesempatan yang sama, Dinas Pendidikan menyampaikan dan sekaligus memberikan pandangan terkait skor penilaian yang meliputi 70% Lokus Sekolah dan 30% Administrasi/sekretariat.

Pembenahan lokus sekolah juga diimbangi dengan penataan ruangan UKS dan pengelolaan admnistrasi yang baik. Sedangkan Kantor Lingkungan Hidup berkomitmen melakukan partisipasi dalam bentuk menyediakan tong sampah bagi sekolah yang mengikuti perlombaan. (Darwisman/Humas)



TerPopuler