Menpan dan RB Asman Abnur Salut dengan Kinerja Bupati Ali Mukhni

Menpan dan RB Asman Abnur Salut dengan Kinerja Bupati Ali Mukhni

Kamis, 15 September 2016, 19.47.00
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur berdiskusi dengan Bupati Ali Mukhni dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dalam penerapan e-Government di Ruang VIP Bandara Internasional Minangkabau, Rabu (14/9). (Fhoto : Humas )
Batang Anai, BANGUNPIAMAN.COM----Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur apresiasi kinerja Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni dalam pengembangan teknologi informasi dalam pelayanan publik. Diantaranya dalam pelayanan administrasi kependudukan, penyediaan website desa/nagari dan tersedianya layanan untuk keluhan masyarakat melalui SMS gateway.

“Tadi Pak Bupati sampaikan bahwa di Padang Pariaman sudah menerapkan e-Government sejak lima tahun yang lalu,” kata Asman Abnur di Ruang VIP Bandara Internasional Minangkabau, Rabu 14 September 2016.

Pada kesempatan itu ia menghimbau seluruh ASN di Kabupaten dan Kota se-Indonesia untuk meninggalkan cara-cara konvensional dalam bekerja. Manfaatkan Teknologi informasi untuk memudahkan dan mempercepat akses informasi dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kalau pelayanan publik sudah secara elektronik maka menghindari pelayanan yang bertele-tele, lebih transparan dan mencegah KKN,” kata politisi PAN itu.

Dikatakannya bahwa ASN merupakan jantung bagi suatu negara maka harus dikelola dengan profesional yang berorientasi kepada kepuasan dan kepercayaan publik serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu memiliki kebijakan akan merekrut mahasiswa dengan nilai cum laude menjadi ASN.

“Usulan ini sudah saya sampaikan kepada Bapak Presiden dan Wakil Presiden,” kata mantan Wakil Walikota Batam itu.

Asman juga meminta Bupati/Walikota untuk selalu berinovasi dalam percepatan pelayanan perizinan, promosi wisata, pelayanan kepegawaian bila perlu sharing informasi dengan daerah yang lebih dahulu telah sukses menerapkannya.

“Contoh, kita bisa belajar ke Banyuwangi dalam membuat akta kelahiran satu jam siap,” kata putra Padang Sago Kab. Padang Pariaman itu.

Bupati Ali Mukhni menyambut positif usulan Menteri PAN dan RB untuk merekrut lulusan terbaik di Universitas ternama untuk menjadi ASN. Kebijakan tersebut tentunya akan melahirkan generasi muda yang cerdas akan mengisi posisi-posisi penting dalam pemerintahan.

“Jadi, tidak ada lagi namanya pegawai titipan, anak si itu, adik si anu. Jadi mesti profesional dan cerdas, Saya sangat setuju program pak Menteri,” kata Ali Mukhni didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Terkait penyelengaraan e-Government, Ali Mukhni mengaku telah membentuk Tim Pengembangan Teknologi Informasi disingkat Tim Petik pada tahun 2010 yang lalu. Tim Petik bertugas melakukan pemetaan masterplan kebutuhan aplikasi berbasis teknologi informasi di masing-masing SKPD.

“Alhamdulillah, saat ini kita sudah punya masterplan pengembangan TI di SKPD-SKPD. Tinggal dieksekusi saja oleh SKPD terkait yang difasilitasi oleh Bagian Humas dan PDE,” kata Bupati yang disebut-sebut maju untuk Calon Gubernur mendatang. (wis/humas)

TerPopuler