Wawako Pariaman Dr.Genius Umar Buka Pelatihan Keterampilan Keripik Pisang Program PKH Tahun 2016

Wawako Pariaman Dr.Genius Umar Buka Pelatihan Keterampilan Keripik Pisang Program PKH Tahun 2016

Kamis, 15 September 2016, 16.55.00
Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar membuka secara langsung pelatihan keterampilan keripik pisang Program Kecakapan Hidup (PKH)-Perempuan tahun 2016 di Sekolah SD 02 Desa Marunggi, Kecamatan Pariaman Selatan, Kamis (15/9).

Pelatihan ini dilaksanakan berkat kerjasama Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Saiyo Pariaman Selatan dengan Direktorat Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Menurut Ketua PKBM Bina Saiyo Irja, SE, M.Si,  program ini sudah berjalan tiga tahun , namun tahun ini fokus pada keterampilan hidup perempuan dalam bentuk pelatihan dan keterampilan . Kemudian PKBM juga mengadakan program keaksaraan fungsional dan dilanjutkan dengan program kesetaraan mandiri dan program paket A, B dan C serta program kecakapan hidup. "Peserta yang dilatih sebanyak 25 orang dengan kriteria umur 25-40 tahun yang terdiri dari Ibu rumah tangga miskin yang belum memiliki keterampilan," kata mantan anggota KPU Kota Pariaman itu..

Menurut Irja kegiatan ini dilaksanakan selama 2 bulan dan diharapkan kedepan bisa mandiri dan bekerja berkelompok untuk mendapatkan pinjaman keuangan dari lembaga perbankan.

Semenetara itu Wakil Walikota, Genius Umar mengatakan, Pemerintah telah banyak memberikan bantuan kepada masyarakat baik bidang Pertanian, Industri, perikanan, pendidikan dan perdagangan.

"Perlu ditingkatkan Model - model ketrampilan dalam Pemberdayaan perempuan melalui pendampingan dan pembinaan oleh BKPM secara berkelompok, " tutur Genius.

Bila ada kendala menurut Genius baik dalam pemberdayaan, pembiayaan dan pemasaran, PKBM Bina Saiyo dapat berkoordinasi dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Pariaman.

Hadir dalam acara tersebut Kabid PNF Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Sapta Mulya, Camat Pariaman Selatan, Basri Malik, Kabag Humas, Yalviendri dan Kepala Desa Marunggi.

(wis/humas)

TerPopuler