Awal November 2016, Kereta Api Lubuak Aluang-Kayutanam Akan Beroperasi.

Awal November 2016, Kereta Api Lubuak Aluang-Kayutanam Akan Beroperasi.

Kamis, 13 Oktober 2016, 19.29.00
Parit Malintang, BANGUNPIAMAN.COM--Kepala Divisi Regional II PT. KAI Sumbar Kolonel (Mar) Sulthon Hasanuddin meminta dukungan pemangku kepentingan Kabupaten Padang Pariaman dalam persiapan Launching Kereta Api Perintis Lubuk Alung - Kayu Tanam yang akan dimulai awal November nanti.

Hal tersebut ia sampaikan saat Sosialisasi Kereta Api Perintis Lubuk Alung-Kayu Tanam di aula kantor Bupati di Parit Malintang, Kamis (13/10). Acara tersebut dihadiri Kepala Balai Perkeratapian Wilayah Sumatera Bagian Barat Maya, Bupati Padang Pariaman diwakili Asisten Ekbang Kesra Ali Amran, Dandim 0309 Pariaman Letkol (Arh) Endro Nurbantoro, Kajari diwakili Kasi Intel Okta, SH serta Ketua Pengadilan Agama Pariaman.

“Insya Allah, Jika tak ada halangan, kita launching operasional Kereta Perintis Lubuk Alung-Kayu Tanam tanggal 1 November mendatang,” kata Sulthon.

Dikatakannya bahwa jalur rel kereta Lubuk Alung – Kayu Tanam sepanjang 20 kilometer itu sangat dibutuhkan masyarakat yang mengandalkan transportasi umum yang murah dan aman.“Ongkosnya hanya 3 ribu rupiah saja,” ungkapnya.

Sulthon juga menghimbau masyarakat agar tidak beraktifitas yang dapat mengganggu kelancaran perjalanan kereta api yang dapat mengancam keselamatan penumpang.“Jadi, jangan maen di rel, jemur kasur, menaruh batu atau menaruh besi di rel untuk buat pisau. Kita juga pasang spanduk dan baliho masyarakat berhati-hati di perlintasan kereta api,” tambahnya.

Sementara Kepala Balai Teknik Perkeratapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Barat Bernadette Mayashanti mengatakan bahwa masyarakat memilih kereta api sebagai sarana transportasi karena memiliki keunggulan. Antara lain bebas macet, harga tiket terjangkau, punya jalur sendiri, bisa menembus pusat kota, risiko kecelakaan kecil dan jadwal keberangkatan tepat waktu.“Manfaatnnya dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata perempuan yang akrab disapa maya itu.

Terpisah, Bupati Ali Mukhni mendukung operasional Kereta Api Perintis Lubuk Alung-Kayu Tanam yang tak lama lagi dioperasionalkan. Ia menghimbau masyarakat berhati-hati di perlintasan agar tidak terjadi kecelakaan yang bisa menimbulkan korban jiwa.

Orang nomor satu di Padang Pariaman itu mengusulkan agar Perusahaan Kereta Api juga memperbanyak halte-halte di sepanjang Lubuk Alung-Kayu Tanam agar memudahkan masyarakat untuk menggunakan jasa transportasi massal itu.

“Semoga kereta api perintis ini dapat dimanfaatkan masyarakat Padang Pariaman,” kata Bupati Ali Mukhni didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

wis/hms

TerPopuler