Pokdakan Tusamon Desa Kajai Pariaman Timur, Berhasil Produksi Gurami 5 Ton Setiap Tahunnya.

Pokdakan Tusamon Desa Kajai Pariaman Timur, Berhasil Produksi Gurami 5 Ton Setiap Tahunnya.

Minggu, 30 Oktober 2016, 13.39.00
Walikota Pariaman Mukhlis Rahman Bertukar Pikiran Dengan Anggota Kelompok Pokdakan Tusamon ( Fhoto : Andi Sikubang
Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Walikota Pariaman Mukhlis Rahman bersama Wakil Walikota Genius Umar dan Kelompok Gandoriah Sepeda Klub (GSK), Minggu (30/10), mengunjungi Desa Kajai Kecamatan Pariaman Timur. Pada kunjungan ke Desa Kajai Walikota bersama rombongan mengunjungi Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Tusamon.

Kunjungan Walikota Mukhlis Rahman dan Wakil Walikota Genius bersama anggtoa GSK  di desa Kajai Kecamatan Pariaman disambut langsung Camat Pariaman Timur Hendri Chaniago, Kepala Desa Kajai Andri Yursal,serta Ketua Pokdakan Tusamon Ridwan,SPd dan anggota kelompok lainnya.

Pokdakan Tusamon satu-satunya kelompok Pembudidaya Ikan yang cukup berhasil mengelola usaha perikanan air tawar. Dimana pada tahun 2013 yang lalu berhasil menjadi kelompok pembudidaya ikan yang berkinerja baik di Propinsi Sumatera Barat.Pokdakan yang sudah berstatus madya dan memiliki sertifikat CBIB telah mampu memproduksi gurami 5 ton/pertahun, nila 2 ton pertahun dengan jumlah kolam 20 unit.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman sangat mengapreasiasi keberhasilan Pokdakan Tusamon. " Saya cukup senang atas keberhasilan Pokdakan Tusamon, keberhasilan usaha mengelola perikanan air tawar terbukti mampu telah meningkatkan ekonomi para anggotanya. Saya berharap Pokdakan yang ada di Kota Pariaman dapat meniru keberhasilan Pokdakan Tusamon ini," katanya.

Pokdakan Tusamon menurut Mukhlis telah dibimbing dan dibina dalam bentuk pelatihan, bimbingan, bantuan bibit dan pakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman sehingga berkembang dari kelompok pemula menjadi kelompok Madya (Mandiri).


Wakil Walikota Genius Umar Memancing Ikan di Pokdakan Tusamon ( Fhoto : Andi Sikumbang)
Sementara itu ditempat terpisah Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman Dasril mengatakan, di Kota Pariaman terdapat 27 Pokdakan dan 18 Unit Pembibitan Rakyat (UPR), Pokdakan Tusamon merupakan kelompok pembudidaya Ikan berkinerja baik tingkat propinsi pada tahun 2013. " Pokdakan Tusamon telah diajukan ke Pemerintah Pusat untuk dinilai sebagai Pokdakan berkinerja baik tingkat Nasional, Insya Allah tahun ini tim penilainya akan turun ke Kota Pariaman,"katanya.

Kemudian tambah Dasril, Kelompok Tusamon (Tumbuh Saat Moneter) ini juga sedang diajukan oleh Pemerintah Kota Pariaman untuk mendapatkan program Gerakan Pakan Mandiri (Gepari) dari Pemerintah pusat tahun 2017.



Sedangkan Kepala Desa Kajai Andri Yusal mengatakan, setiap minggu  selalu dilaksanakan mancing mania untuk pengemar mancing. " Silahkan datang ke desa kami untuk mancing mania. Insert cuma Rp. 80.000. Kita akan berikan hadiah menarik kepada pemancing yang  berhasil mendapatkan ikan terbesar pertama s/d ketiga, " ungkapnya.

WIS/AS/HMS


TerPopuler