Padang Pariaman Lounching Aplikasi Simda Online

Padang Pariaman Lounching Aplikasi Simda Online

Kamis, 03 November 2016, 18.47.00
Paritmalintang, BANGUNPIAMAN.COM---Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman Hj. Nety Warni, SE, mewakili Bupati Padang Pariaman melaunching Sistem Laporan Realisasi Keuangan melalui Aplikasi Simda Online. di Ruang Pertemuan LPSE Padang Pariaman Kamis (3/11). Hj. Nety Warni Menyampaikan Apresiasi atas penerapan sitem Aplikasi ini.

"Kita patut apresiasi penerapan Simda Online ini, ini tentu akan mempermudah para bendahara dan bendahara pembantu, dalam mempercepat dan memepersingkat alur penyampaian laporan Realisasi Keuanganya kepada bagian keuangan," kata Hj.Netti Warni

Menurut Nettt,  Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIMDA) merupakan perangkat lunak yang dikembangkan dengan tujuan membantu pemerintah daerah dalam rangka pengelolaan keuangan secara efektif dan efisien sesuai dengan peraturan perundang-undangan mulai dari penyusunan anggaran,penatausahaan dan pertanggungjawaban APBD.

"Program aplikasi ini digunakan untuk pengelolaan keuangan daerah secara terintegritas meliputi penggangaran,penatausahaan,akuntansi dan pelaporanya," ulasnya.

Aplikasi Simda adalah aplikasi database yang telah mengalami perkembangan-perkembangan. Dalam prakteknya aplikasi Simda keuangan sudah mampu dijalankan meskipun belum optimal terutama untuk SKPD yang besar.Di dalam sub sistem input pengumpulan data dari tiap bagian atau bidang sudah berjalan meskipun masih secara manual karena belum terintegrasinya melalui jaringan komunikasi data online.

Untuk itu,timbul sebuah inovasi dari Budi Maisal Putra,ST,Kasubag Perencanaan & Anggaran Sekretariat Daerah Kab.Padang Pariaman agar aplikasi Simda manual tadi dapat dijadikan online.

Sementara itu Kasubag Perencanaan Bagian Keuangan Sekretariat Daerah,  Budi Maisal Putra,ST saat didampingi TKIP Keuangan Rescy Herrico,A.Md menyampaikan banyaknya bagian di Sekretariat Daerah menjadi alasan diciptakanya aplikasi Simda online ini. " Pada saat ini terdapat 11 bagian di Lingkungan Sekretariat Daerah Kab.Padang Pariaman" kata Budi.

Ada beberapa manfaat dari penggunaan  aplikasi Simda online diantaranya tidak perlu ekspor-import data dari bendahara pengeluaran pembantu kepada bendahara pengeluaran,penginputan data ke Simda dapat dilakukan dimana saja. Pembuatan Laporan Realisasi Keuangan lebih singkat karena tidak perlu lagi meminta data -data ke bagian-bagian di Sekretariat Daerah.

Untuk itu Budi mengharapkan,  aplikasi Simda online ini dapat dijalankan secara maksimal. Itu pihaknya berterma kasih pada bagian PDE,DPPKA dan semua pihak yang membantu atas kerjasamanya,sehingga aplikasi Simda online ini dapat difungsikan.

Laporan Rescy Herrico,A.Md  TKIP Bagian Keuangan

TerPopuler