Dirjen PPMD Ahmad Itani Yustika : Tahun Depan, Tiap Nagari Kebagian Dana Desa Rp. 1,5 Milyar - BANGUN PIAMAN.COM : Portal Berita Online

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 30 Maret 2017

Dirjen PPMD Ahmad Itani Yustika : Tahun Depan, Tiap Nagari Kebagian Dana Desa Rp. 1,5 Milyar

Enam Lingkung, BANGUNPIAMAN.COM---Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Prof. Dr. Ahmad Itani Yustika mengungkapkan, tahun 2018 mendatang akan ada penambahan alokasi dana desa. Masing-masing desa/nagari akan kebagian Rp. 1,5 Milyar

"Karena besarnya dana yang diterima diharapkan kepala desa/walinagari untuk lebih banyak membaca dan memahami aturan pengelolaan dana desa, " kata Ahmad Itani Yustika, ketika meninjau laga-laga nagari Paritmalintang, Senin lalu.

Menurut Ahmad Itani Yustika, bidang ekonomi, pemberdayaan masyarakat, kesehatan merupakan program prioritas dari dana desa jadi pembangunan di nagari.Dia, berharap kedepannya pembangunan nagari jangan hanya bersumber dari dana desa dan dana nagari saja, namun perlu dibangun kemandirian nagari melalui  pemberdayaan masyarakat nagari melalui pembentukan BUMNag di masing-masing nagari.
.
Ditambahkan Dirjen PPMD Ahmad Itani Yustika  dana desa juga bisa dijadikan  sebagai sumber pernyataan modal BUMNag melalui Forum musyawarah nagari."Saya senang melihat pengalokasian dana desa di Nagari Paritmalintang yang di alokasikan untuk pembangunan laga-laga nagari ini, esensinya tidak pada  bangunannya tapi dibalik bangunan ini terdapat kegiatan-kegiatan pembangunan masyarakat nagari dibidang keadatan, dan pendidikan adat nagari bagi generasi  muda" ulas Profesor yang masih aktif mengajar di Universitas Brawijaya Malang tersebut.

Sementara itu Wakil Bupati Suhatri Bur mengucapkan terima kasih kepada Dirjen PPMD disela-sela jadwal yang cukup padat masih punya waktu untuk berkunjung ke Padangpariaman. " Saat ini jumlah nagari di Kabupaten Padangpariaman sebanyak  103 nagari, 43 nagari diantaranya merupakan nagari hasil pemekaran," ungkap Wabup.
.
Pada kesempatan tersebut Wabup Suhatri Bur  mempertanyakan nasib nagari pemekaran di Kabupaten Padang Pariaman kepada Dirjen PPMD. Wabup juga berharap pembangunan enam embung yang di usulkan ke Kementrian PDT & Transmigrasi dapat di setujui dalam rangka peningkatan  hasil panen pertanian.

Sedangkan Walinagari Paritmalintang Syamsuardi menyebutkan,  Laga-laga Nagari yang ditinjau Dirjen PPMD ini, peletakan batu pertamanya dilakukan oleh  Presiden Joko Widodo pada tahun 2015 yang lalu. Sumber dana pembangunan laga-laga ini adalah dari dana ADD Nagari Paritmalintang tahun 2015 sebesar 45 juta yang sampai sekarang nilai aset laga-laga ini sudah mencapai 150 juta melalui pertisipasi masyarakat nagari.

Pada kunjungan Dirjen PPMD tersebut nampak hadir juga Kepala Kepala OPD se Kabupaten Padangpariaman, Camat Enam Lingkung Rudi Rillis beserta Forkopinca, Walinagari se Kabupaten Padang Pariaman dan tokoh masyarakat Nagari Paritmalintang.(wis/el)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Post Top Ad