Ketika Membuka FGD Bupati Ali Mukhni Sebut, Tarok Ciy Sebagai Ikon Pembangunan Nasional. - BANGUN PIAMAN.COM : Portal Berita Online

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 03 Mei 2017

Ketika Membuka FGD Bupati Ali Mukhni Sebut, Tarok Ciy Sebagai Ikon Pembangunan Nasional.

 Dalam rangka Pengembangan Kawasan Tarok City Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Rabu (3/5) Mengelar Focus Group Discussion (FGD). Dengan mendatangkan nara sumber dari Universitas Andalas Padang dan Universitas Negeri Padang. ( Fhoto Nila )

Paritmalintang, BANGUNPIAMAN.COM---Dalam rangka pengembangan kawasan Tarok City, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Rabu (3/5) mengelar Focus Group Discussion (FGD). Dengan mendatangkan nara sumber dari Universitas Andalas Padang dan Universitas Negeri Padang.

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni ketika membuka FGD tersebut, mengajak semua pihak bersama-sama mendukung sehingga nantinya diwujudkan Pembangunan terpadu di Tarok City sebagai Ikon Pembangunan Nasional.

" Untuk pembangunan kawasan Tarok City tersebut disiapkan 697 hektar  lahan yg murni merupakan tanah negara. Kita harapkan nantinya di Tarok City akan berdiri kampus UNP, UIN, STIT-SB,  ISI, Rumah Sakit StrokeTanah serta bangunan penunjang lainnya," sebut Ali

Berikut Pendapat Ahli Pembangunan Kawasan Tarok City Dalam FGD :
Isril Berd - Unand
Untuk Mewujudkan "Tarok City " sebagai kawasan terpadu pendidikan,  kesehatan dan pariwisata serta usaha pengembangan kawasan marina di Batang Anai merupakan hal  besar yang bisa diwujudkan dalam waktu panjang. Kedepannya Bupati berikutnya harus memiliki keinginan kuat seperti Bupati sekarang. 
Malinda - Nur Unand

Pembangunan di suatu bidang mesti melibatkan berbagai stakeholder dan memperhatikan berbagai aspek lainnya. Belum ada RT RW pendidikan di kawasan tarok , maka harus dicek dulu struktur ruangnya. Perlu ada pembangunan berkelanjutan. Mesti ada tindakan preventif pengendalian terhadap eksternalitas  perlu ada pengkajian sistematis. Kemudian penyamaan persepsi berbagai pihak termasuk pemerintah dan swasta.
Syamsul Amar dari UNP :

Ini merupakan pembangunan jangka panjang sehingga perlu perencanaan pembangunan secara sistematis.  Topografi juga mempengaruhi, struktur tanah juga mempengaruhi daya tanah. Kajian mengenai fisik wilayah sangat mempengaruhi desain bangunan. Juga perlu perhatian dari kajian geologi. Karena banyaknya kajian maka perlu waktu lebih lama,  lebih dari 5 tahun.  Perlu efisiensi cost dan benefit.

Selain itu,  jarak dan lokasi perlu juga menjadi pertimbangan. Perlu ada daya tarik tersendiri utk membuat mahasiswa betah disana. Perlu diperhatikan apakah masyarakat sudah membutuhkan hal  tersebut, kebutuhan pengembangan  wilayah(dari pemerintah sendiri ), dan dari segi perluasan kesempatan pendidikan.

Darmawan - Unand
Tujuan pembangunan untuk kehidupan yang lebih baik dengan memperhatikan lingkungan.Akses untuk memperoleh semua keperluan pendidikan dan kebutuhan harian utk mendirikan kawasan .Akan terjadi perubahan dalam tataguna lahan yang luas. Terjadi degradasi biodiversity, merubah siklus hidrologi secara luas. Perlu juga diperhatikan masalah pengelolaan sampah. Kesimpulannya : pembangunan Tarok City akan berpengaruh pada penurunan kualitas lingkungan hidup.
Eri Gas Ekaputra - Unand

Perlu ada pengembangan bisnis anak nagari untuk kemanfaatan ekonomi dan ekologi. perlu juga pengembangan social entrepreneur.
Secara garis besar semua narasumber menyarankan kajian menyeluruh pembangunan dari berbagai bidang disamping perlu perlindungan dari segi hukum supaya Program Bupati Ali Mukhni dalam pengembangan kawasan Tarok City dapat wijudukan (nila/***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Post Top Ad