Untuk Pertama Kalinya, 2.277 siswa SMP di Kota Pariaman Ikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer - BANGUN PIAMAN.COM : Portal Berita Online

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 02 Mei 2017

Untuk Pertama Kalinya, 2.277 siswa SMP di Kota Pariaman Ikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer

Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Walikota Pariaman Mukhlis Rahman bersama Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison, Selasa (2/5) mendampingi Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar Maswar, melakukan monitoring Ujian Nasional Berbasis Komputer tingkat SMP, di SMAN 1 Pariaman. Nampak juga dalam rombongan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kanderi, Kepala Kemenag Kota Pariaman Muhammad Nur, Camat Pariaman Tengah Afwandi,  Tercatat sebanyak 235 siswa SMP 1 dan SMP IT sebanyak 14 siswa yang mengikuti UNBK di SMA 1 Pariaman ini.

Mukhlis Rahman mengatakan agar siswa dapat melaksanakan UNBK ini tanpa adanya beban, seperti pada UN beberapa tahun terakhir, sehingga hasil yang diharapkan, sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama.

“Untuk SMP ini adalah UNBK kali pertama yang dilaksanakan oleh Kota Pariaman, dan diikuti oleh siswa SMP sederajat se Kota Pariaman, dan sebelumnya, kami telah menggelar simulasi pelaksanaan UNBK di bulan Februari lalu, sehingga diharapkan UNBK tahun 2017 kali ini, dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” tukasnya.

Kedepan agar pelaksanaan UNBK ini dapat dilakukan bersama, tanpa terkecuali siswa yang berasal dari Madrasyah, sehingga output yang dihasilkan antara sekolah umum dengan sekolah keagamaan, dapat seimbang, dan sesuai dengan ketentuan yang ada. 

Kepala Dinas Dikpora Kota Pariaman Kanderi mengatakan sebanyak 2.277 siswa SMP sederajat se kota pariaman melaksanakan UNBK, dengan perincian untuk SMP berjumlah 1.456 siswa dan untuk Madrasyah sebanyak 821 siswa, yang masih melaksanakan Ujian Nasional Dengan Kertas Dan Pensil (UNKP).

“Untuk tingkat SMP, pelaksanaan UNBK dilaksanakan di 5 tempat, yaitu SMA 1, SMA 2, SMK 1, SMK 2 dan SMK 3 Pariaman. Sedangkan untuk Madrasyah juga dilaksanakan di 5 tempat juga, yaitu MTSN Model Padusunan, MTSN Pariaman Selatan, MTSN Thawalib, MTS Muhammadiyah dan MTS YDSI Kampug baru,” tutur Kanderi.

Ia juga menjelaskan, bahwa dalam satu hari, UNBK dilakukan sebanyak tiga sesi. Untuk Sesi pertama dimulai pada pukul 07.30 hingga 09.30 WIB, sesi kedua pukul 10.00 hingga 12.00 WIB, dan terakhir 14.00 hingga 16.00 WIB. Sedangkan untuk UNKP dilaksanakan dari Jam 10.31 hingga 12.30 WIB.

Dalam wawancara dengan seorang siswa UNBK yang berasal dari SMP 1 Pariaman, Salsabila Pramundya mengatakan dengan pelaksanaan UNBK ini, sangat simple, praktis dan bagus sekali, karena dulu dengan system melingkari jawaban, ada ketakutan hasil ujian tidak terbaca oleh system, dan dengan UNBK ini, kita semakin percaya diri, ulasnya.

“Walaupun tingkat kesulitan ujian tergolong sedang, kami sangat enjoy dan nyaman dengan system UNBK ini, dan diharapkan di tahun selanjutnya, hal ini dapat dilanjutkan, dan jangan selalu berubah setiap tahunnya,” ujarnya sambil tersenyum. (rel/***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Post Top Ad