Masyarat Korong Kampung Bukit Kudo-Kudo Kudu Ganting Barat, Minta Jalannya di Aspal Hotmik -->

Masyarat Korong Kampung Bukit Kudo-Kudo Kudu Ganting Barat, Minta Jalannya di Aspal Hotmik

Rabu, 07 Februari 2018, 13.41.00
Beginilah Kondisi JalanKorong Kampung bukik kudo-kudo Nagari Kudu Ganting Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman belum merasakan nikmatnya paska  kemerdekaan. Hingga kini jalan tersebut belum pernah tersentuh Aspal. Masyarakat setempat sangat berharap adanya perhatian Pemerintah. ( Fhoto : HERI MARTONI )
Lima Koto Timur, BANGUNPIAMAN.COM---Kesuksesan Republik Indonesia memperebutan kemerdekaan dari Jepang pada tahun 1945 silam, sejatinya bisa dirasakan  mamfaatnya oleh warga  Indonesia  hingga saat sekarang ini. Namun, realitanya masih ada masyarakat yang tinggal di Korong Kampung bukik kudo-kudo Nagari Kudu Ganting Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman belum merasakan nikmatnya paska  kemerdekaan.

"Semenjak kampung itu ada hingga  sekarang belum pernah tersentuh aspal hotmik sehingga manisnya kemerdekaan hanya terasa dibibir saja,"kata Siful (35) salah seorang tokoh masyarakat saat setempat ketika ditemui kediamanya kemarin.

Ia menuturkan untuk memperjuangkan pengaspalan jalan di Korong Kampung Pili sudah berulang kali dilakukan. Mulai dari pembahasan Musrembang di Nagari hingga kecamatan sudah diperjuangkan semaksimal mungkin agar kesimpulan dari usulan Musrembang lebih memprioritaskan pembangunan fisik, terutama pengaspalan jalan di korong Kampung Pili.

Namun, usulan itu semua hanya sampai di Musrembang Kecamatan. Saat Musrembang di tingkat Kabupaten semuanya hanya tinggal cerita, hingga jalan di karong Kampung Pili sampai sekarang belum tersentum aspal.
"Jika jalan di Korong Kampung Pili dapat pengaspalan dari pemerintah, maka seluruh hasil Pertanian serta perkebunan seperti Kakao, Kelapa, Pisang, Padi dan tumbuhan lainya yang ditanam masyarakat  seluas 1,5 Hekhtar tersebut akan  mengalami peningkatan pesat jika jalur transportasi sudah lancar dan usaha lainya juga ikut naik. Dengan ini tentu bermamfaat bagi perekonomian masyarakat kita " ujar ketua Pemuda ini dengan penuh harap.

Kembali menjelaskan, Jalan Korong Kampung Pili adalah jalan artenatif sebabagai penghubung untuk menuju Nagari Gunung Padang Alai. Jika jalur transportasi lancar, tentu akan menjadi dambaan masyarakat kita.

Sementara itu, M. Yunin Wali Nagari Kudu Ganting saat ditemui dikantornya, selasa (06/02/2018) membenarkan bahwa jalan di korong kampung pili yang lansung berbatasan dengan korong kampung paneh hingga saat ini belum terjamah aspal.

" Kami dari pemerintahan Nagari sangat mendukung jika Pemerintah Padang Pariaman memberikan prioritas agar jalan kampung pili bisa diaspal, sehingga anak-anak yang bersekolah setiap pagi yang lewat memakai kendaraan roda dua menjadi lebih aman. Karena selama ini akibat jalan berbatu besar tidak sedikit yang tergelincir, sehingga menjadi petakut bagi warga yang ingin melintasi jalan penuh kerikil tajam dan runcing yang siap menunggu mangsanya jika ada yang terjatuh" ulasnya. HERI

TerPopuler