Singkronkan Pembangunan Dua Daerah, Kota Pariaman Dan Kabupaten Padang Pariaman Sepakati Sembilan Kerjasama Daerah

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman Bersalamanan Dengan Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Usai Penandatangan Mou Kerjasama Singronisasi Pembangunan Dua Daerah Tetangga ( Fhoto : Kominfo)
Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM --- Pemko Pariaman dipimpin Walikota Mukhlis Rahman dan Pemkab Padang Pariaman diwakili Wabup Suhatri Bur lakukan penandatanganan MoU tentang sinkronisasi Pembangunan yang bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Kamis (15/2).

Acara tersebut dihadiri Kepala OPD Pemko Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, Camat se-Kota Pariaman, Kepala Desa se-Kota Pariaman serta Walinagari Perbatasan dua daerah tersebut dengan pelaksana acara melalui BAPPEDA Kota dan Kab. Padang Pariaman.

Wako Pariaman mengatakan antara Kota Pariaman dan Kabupaten Padang-Pariaman saling bekerjasama di bidang pembangunan dalam dukungan saling memajukan dua daerah yang bertetangga ini.

" Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman merupakan satu culture dan kebudayan yang tak dapat dipisahkan, tetapi  karena  sekarang pemerintahannya sudah dua maka segala sesuatu yang harus kita bangun saling membutuhkan," ungkapnya.

Dia berharap  dengan adanya kesepakatan bersama terkait kebijakan dan program pembangunan dan pengembangan di wilayah terutaman daerah perbatasan yakni antara pemerintah kota Pariaman dengan pemerintah kabupaten Padang-Pariaman dapat terwujud dan terlaksana dengan baik.

Sembilan item pembangunan dan pengembangan infrastruktur skala Regional dan pembangunan di wilayah perbatasan antara kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman, antara lain :

1.     penegasan batas administrasi di wilayah perbatasan,

2.     pembangunan dan pengelolaan Tempat Pemprosesan Akhir Sampah(TPAS) Regional,

3.     Pembangunan dan Pengelolaan instalasi Pengolahan lumpur tinja (IPLT) Regional,

4.     Penyediaan sumber air baku/minum dan pengelolaan intalasi Air Minum Regional.

5.     Pembangunan infrastruktur di wilayah DAS berbatasan,

6.     Pengelolaan sumber daya di wilayah DAS berbatasan,

7.     pengelolaan modal transportasi darat dan laut di wilayah berbatasan,

8.     pembangunan pengembangan dan pengelolaan sektor pariwisata.

9.     pembangunan dibidang ekonomi dan penanganan inflasi daerah

Sementara itu, Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan menyambut baik adanya semacam jalinan kerjasama ini, sehingga untuk pembangunan kabupaten Padang Pariaman dan jalinan kerjasama dengan Kota Pariaman sudah dibicarakan dan di sosialisasikan dengan stakeholder baik camat maupun Walinagari dan menyambut baik terhadap kerjasama tersebut sehingga bisa terealisasi dengan baik.

Wabup berharap, dengan terjalinnya kerjasama ini, baik itu Pemko Pariaman atau Pemkab Padang-Pariaman bisa saling mempromosikan sektor andalan di daerah yang bertetangga ini, terutama promosi bidang kepariwisataan.[rika/rel]

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.