Saat Buka Musrenbangtan, Wako Mukhlis Rahman Sebutkan Kota Pariaman Masih Simpan Potensi Pertanian

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Ketika Membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian Tahun 2018, Kamis, 15 Maret 2018, di Pondok Indah Pariaman ( Fhoto : Heri Martoni )
Pariaman,BANGUNPIAMAN.COM--Untuk merealisasikan kegiatan 2019,  Dinas Pertanian Kota Pariaman gelar Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan) Kota Pariaman tahun 2018  yang dibuka langsung Walikota Pariaman di Pondok Indah, Kampung Pondok. Pariaman, 15/03/2018.

Wako Pariaman, Mukhlis Rahman dalam kesempatan itu, menyampaikan Kota Pariaman  masih menyimpan potensi besar di bidang Pertanian, 20,17% sampai saat ini. Oleh karenanya, perekonomian terutama sektor pertanian, masih menjadi unggulan yang mesti digiatkan lagi.

" Untuk Produksi Padi tahun 2017, tercatat sebanyak 41.834 Ton, sedangkan di tahun 2016 hanya 31.047 Ton, yang berarti, Kota Pariaman telah mencapai target yang dipatok oleh Provinsi Sumatera Barat yang hanya 2.98%, tereaslisasi pencapaian sebanyak 34,74%," jelas Mukhlis

Ia meminta kepada stokholder untuk tetap melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang telah terlaksana, apabila kegiatan itu tidak ada manfaatnya jangan dilaksanakan karena akan berakibat bisa membuang-buang anggaran.

Dijelaskannya, disamping peningkatan produksi padi, pemerintah Kota Pariaman juga menggiatkan peningkatan produksi tanaman hortikultura dan perkebunan, diantaranya pengembangan tanaman cabe merah, bawang merah dataran rendah, pemanfaatan lahan pekarangan dan juga pembibitan kelapa genjah sebagai upaya untuk memperkuat Kota Pariaman sebagai daerah tujuan wisata.

Mukhlis Rahman, berharap dengan digelarnya Musrenbangtan tahun 2018 ini, proses perencanaan yang partisipatif yang datang dari seluruh stakeholder terkait di bidang pertanian serta masyarakat petani dan peternak, dapat kita laksanakan dengan partisipatif, efesien, dan tepat sasaran, dapat direncanakan dengan matang. Terangnya

Sementara itu, Ketua pelaksana Musrenbang yang juga sekretaris Dinas Pertanian Kota Pariaman Dewi Sastra mengatakan musrenbang merupakan agenda tahunan di mana Masyarakat mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi.

Ia menjelaskan Musrenbang sendiri akan berlangsung selama dua hari yakni 15-16 Maret 2018 di Aula Pondok Indah Kampuang Pondok dengan peserta 75 orang yang terdiri dari 60 orang perwakilan anggota kelompok tani dan 15 orang dari Penyuluh Dinas Pertanian." Sementara itu, narasumber  berasal dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sumbar, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Kota Pariaman dan Bappeda Kota Pariaman," ulasnya. HERI

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.