Kamenag Kota Pariaman Lakukan Rukyatul Hilal - BANGUN PIAMAN.COM : Portal Berita Online

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 15 Mei 2018

Kamenag Kota Pariaman Lakukan Rukyatul Hilal

Kepala Kantor Kementrian Agama M.Nur melihat bulan menggunakan menggunakan alat teodolit atau alat bantu pelihatan, di Hotel Nan Tongga Pariaman Selasa 15 Mei 2018 ( Fhoto : Harsyi Warsilah)
Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM--Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman melakukan rukyatul hilal (pengamatan bulan secara langsung dalam rangka menentukan awal puasa tahun 2018/ 1 Ramadhan 1439 Hijriah Di Hotel Nan Tongga Pariaman, Selasa  (15/05).

Pada kesempatan hadir perwakilan  Pengadilan Agama, Perwakilan Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) Kota Pariaman, Kasubag Tata Usaha Dedi Wandra,  Kasi Pendidikan Islam, Kasi Pemyelenggara Haji dan Umrah, Penyelenggara Syari'ah, Kepala KUA Pariaman Tengah beserta jajaran dan perwakilan Ormas Islam dan tokoh  Masyarakat Kota Pariaman.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman M. Nur mengatakan pada pemantauan tersebut tidak terlihat hilal.

Hal tersebut karena cuaca tidak mendukung atau ditutupi awan tebal sehingga mengangu pelihatan padahal pihaknya  telah menggunakan alat teodolit atau alat bantu pelihatan. Oleh karena itu pihaknya menunggu hasil sidang isbat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI.

"Hari ini Kementerian Agama sedang melaksanakan sidang isbat, jika hasilnya sudah ada kita mengikuti keputusan tersebut untuk penetapan satu Ramadhan," ujar dia.

Ia menjelaskan jika hasil sidang isbat menyatakan tidak satu pun daerah di Indonesia yang melihat hilal maka penuhkan bulan sya'ban sebanyak 30 hari. "Apabila bulan sya'ban dipenuhkan 30 hari maka kita berpuasa mulai hari kamis," katanya.

Pada kesempatan itu pihaknya berharap pemerintah daerah ke depan menyediakan teropong bintang agar memudahkan penetapan satu Ramadhan karena saat ini alat digunakan masih kurang memadai.
" ujaranya.

Pewarta : Harsyi Warsilah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Post Top Ad