Berikut Sembilan Pernyataan Ansor Sumbar, Jelang Pemilu 2019


Padang, BANGUNPIAMAN.COM---Mencermati situasi politik menjelang pemilu 2019, Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Provinsi Sumatera Barat menyampaikan 9 pernyataan sikapnya. Pernyataan disampaikan pada Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil), Sabtu (30/3/2019), di aula PWNU Sumbar Jalan Ciliwung Padang. Rakorwil dihadiri Pengurus PW Ansor Sumbar, PC Ansor se-Sumbar.

Pernyataan yang dibacakan Ketua PW GP Ansor Sumbar Rahmat Tuanku Sulaiman bertajuk, Deklarasi Rabu Putih Pernyataan Sikap PW GP Ansor Sumatera Barat Menjelang Pemilu 2019, diikuti Pimpinan Ansor dan Satkorwil Banser Sumbar. 

Berikut isi pernyataannya.
Pertama, PW GP Ansor Sumatera Barat memandang fenomena maraknya hoaks, fitnah dan ujaran kebencian telah mengakibatkan masyarakat terbelah dan mulai timbul rasa tidak percaya di tengah masyarakat. 

Jika hal demikian dibiarkan terus berlangsung, dikhawatirkan akan merusak tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kedua, PW GP Ansor Sumatera Barat mengajak masyarakat Provinsi Sumatera Barat memerangi hoaks, fitnah dan ujaran kebencian serta menciptakan kesejukan di sisa hari menjelang pemungutan suara Pemilu 2019.

Ketiga, PW GP Ansor Sumatera Barat meminta masyarakat tidak mempercayai isu akan adanya kerusuhan menjelang, saat dan paska Pemilu 2019, dan tidak perlu khawatir akan adanya tekanan dari kelompok tertentu.

Keempat, PW GP Ansor Sumatera Barat mendorong sekaligus percaya Polri dibantu TNI bertindak professional dan menjamin stabilitas politik dan keamanan Pemilu 2019. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu ragu menggunakan hak pilih mereka pada 17 April 2019 mendatang.

Kelima, PW GP Ansor Sumatera Barat menginstruksikan kepada semua kader GP Ansor dan Banser se-Provinsi Sumatera Barat untuk membantu Polri dan TNI mengamankan situasi hari pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS-TPS se- Provinsi Sumatera Barat.

Keenam, PW GP Ansor Sumatera Barat menghimbau dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif memantau dan menjadi saksi dalam proses pemilihan dan perhitungan suara.

Ketujuh, PW GP Ansor Sumatera Barat mendorong kader dan masyarakat untuk berani  bersuara dan menyampaikan jika ada kecurangan dalam proses pencoblosan dan perhitungan suara.

Kedelapan, PW GP Ansor Sumatera Barat mengajak kader dan masyarakat memperbanyak pembacaan Shalawat Asyghil di masjid, pondok pesantren dan rumah untuk memohon keselamatan agar terhindar dari kezhaliman.

Kesembilan, Demi mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan demokratis, PW GP Ansor Sumatera Barat mendeklarasikan “Gerakan Rabu Putih”, yaitu sebuah gerakan masyarakat yang bertujuan memaksimalkan tingkat partisipasi masyarakat pemilih Provinsi Sumatera Barat datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya/mencoblos pada Pemilu 17 April 2019 secara bebas, nyaman dan tanpa rasa takut.

Demikian pernyataan yang dibacakan Ketua PW Ansor Sumbar Rahmat Tuanku Sulaiman didampingi pengurs PW dan PC Ansor se-Sumbar.  (***/at)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.