Wagub Nasrul Abit Lepas 250 Ribu Pemudik Gratis ke Mentawai

Wagub Sumbat Nasrul Abit Serahkan Bingkisan Kepada Pemudik Menuju Kabupaten Kepulauan Mentawai 

PADANG, BANGUNPIAMAN.COM-- Mudik Gratis bersama BUMN 2019 yang diselenggarakan oleh PT. Semen Padang mendatangkan Kapal Perintis Sabuk Nusantara 68 hadir di Pelabuhan Teluk Bayur Padang dengan rute Padang - Mentawai, Rabu (29/5/2019).

Pada musim mudik tahun 2019 dilepas secara resmi oleh Wakil Gubernur Nasrul Abit, dan diawali pemberangkatan warga Kepulauan Mentawai dari Padang ke Tuapejat, sekitar 250.000 orang pemudik yang sudah berada di atas kapal perintis Sabuk Nusantara 68.

Masyarakat dapat mendaftarkan di Pelni Padang Teluk Bayur dan juga diberikan baju kaos, minyak angin, obat anti mabuk, serta makanan kecil dan minuman mineral.

Wakil GubernurSumatera Barat Nasrul Abit dalam kesempatan itu mengataka,  program mudik gratis ini merupakan rangkaian kegiatan kementerian perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam meningkatkan keselamatan pulang ke daerahnya.

Wagub Sumbar sangat senang dengan adanya program mudik gratis ini dan sekaligus memberikan apresiasi terhadap program ini.

“Penyelenggaraan program kegiatan mudik gratis ini sangat membantu warga Sumbar terutama yang berada di kepulauan. Atas nama pemprov Sumbar, kami memberi apresiasi kegiatan ini yang dilaksanakan menjelang perayaan hari raya idul fitri sebagai wujud perhatian pemerintah kepada masyarakat," ujar Nasrul Abit.

Wagub berharap kegiatan ini dapat rutin tiap tahun diadakannya di Sumbar, karena masyarakat kepulauan Mentawai sangat membutuhkannya.

" Kepada para pemudik agar dapat menjaga keselamatan barang bawaannya, dan jaga kebersihan di atas kapal", pesannya.

Hadir dalam pelepasan mudik gratis 2019 ini, Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Heri Nofiardi, Kepala Biro Humas Sumbar Jasman,  Danlantamal II Teluk Bayur, Genderal Manager PT. Pelindo, kepala Kesyahbadaran Operasional Pelabuhan (KSOP), PT. Pelni dan para jajaran PT. Semen Padang.

Sementara itu Direktur Produksi PT. Semen Padang Ir. Firdaus, MM,  mengungkapkan program Mudik Gratis ini berhasil menarik minat masyarakat Sumbar. Terbukti dari antusiasme warga Kabupaten Kepulauan Mentawai memanfaatkan momen ini.

"Alhamdulillah, warga Kepulauan Mentawai betul-betul memanfaatkan Mudik Gratis ini, sudah ada 250.000 orang yang terdaftar, mudah-mudahan berjalan dengan lancar," ungkap Firdaus senang.

Kegiatan mudik gratis ini merupakan salah satu program Kementerian BUMN, melalui Surat Menteri BUMN RI no. S.295/MBU/04/2019 yang menunjuk PT. Semen Padang sebagai salah satu BUMN program "Mudik Gratis" tahun 2019 di Padang.

"Untuk melaksanakan program ini kami melibatkan berbagai pihak, seperti PT. Pelni Padang, PT. Pelindo, Dinas Perhubungan, KSOP, KPPP dan pihak lainnya yang terkait," ungkapnya.

Disisi lain juga Semen Padang menargetkan jumlah pemudik dijadwalkan empat kali keberangkatan dengan menggunakan Kapal Sabuk Nusantara 68 mulai dari tanggal 15, 22, 26 dan terakhir 29 Mei 2019 dengan rute beberapa pulau di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Untuk kedepannya, kami harapkan program ini dapat dilaksanakan, sehingga kehadiran BUMN dapat dirasakan langsung oleh semua lapisan masyarakat," tutur Firdaus. (***)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.