Genius Umar : Keberadaan dan Kiprah PKK Dibutuhkan Dalam Membangun Kota Pariaman

Genius Umar : Keberadaan dan Kiprah PKK Dibutuhkan Dalam Membangun Kota Pariaman

Rabu, 28 Agustus 2019, 18.43.00
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman Lucyanel Genius Memotong Kue,Pada HUT Ke 47 Kesatuan Gerak PKK ( Fhoto : Harsyi Warsilah)

PARIAMAN---Walikota Pariaman Genius Umar mengucapkan “Selamat Memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 kepada segenap keluarga besar Tim Penggerak PKK (TP PKK) se-Kota Pariaman.

Dia juga  mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada segenap jajaran Pengurus PKK, mulai dari tingkat kota, kecamatan, desa/kelurahan dan kelompok dasawisma se-Kota Pariaman atas kegiatan yang telah dilakukan selama ini, untuk mendukung program Pemerintah Kota Pariaman dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat”.

Acara  Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 Tahun 2019 Tingkat Kota Pariaman ini digelar Rabu (28/8) di Aula Balai kota Pariaman dengan Tema Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras Dengan Program Pemerintah, sebelum acara dimulai acara dimulai diawali dengan pembacaan Asmaul Husna oleh tim pengurus PKK Kota Pariaman

Genius Umar menyampaikan,  Pemerintah Kota Pariaman menyadari tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan akan dapat dilaksanakan oleh aparat Pemerintah Daerah sendiri, melainkan akan lebih efektif apabila dilaksanakan melalui dukungan dan membangun kerjasama dengan PKK.

Keberadaan dan kiprah PKK sangat dibutuhkan, terlebih ketika dihadapkan pada dinamika masalah dan tuntutan kebutuhan masyarakat yang harus diatasi dan dipenuhi secara stimulan.

Dengan kehadiran PKK yang telah teruji keberadaannya bisa memberikan harapan besar bagi Pemerintah Kota Pariaman untuk bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.

"Oleh karena itu kami berharap PKK dalammmengembangkan kegiatannya tidak berdiri sendiri, melainkan harus bermitra secara sinergis dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan lainnya dan Pemerintah Kota Pariaman,” pintanya.

Beliau juga menjelaskan, selaku Ketua Dewan Pembina TP PKK Kota Pariaman,  ingin menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Pariaman memiliki kepentingan dan perhatian yang sangat besar dalam memfasilitasi dan mendorong Gerakan PKK, agar terus tumbuh dan berkembang, sehingga mampu memberikan kontribusi dalam menyukseskan program-program pembangunan dan berkontribusi mewujudkan visi pembangunan Kota Pariaman.

Ketua GOW Kota Pariaman Indriati Mardison juga tampil kedepan podium untuk membacakan sejarah singkat berdirinya PKK di Indonesia yang berawal dari Seminar Home Economic di Bogor pada tahun 1957 dan pasa saat itu PKK bernama Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Kemudian pada tanggal 27 Desember 1972 Mendagri mengeluarkan Surat Kawat No. Sus 3/6/12 kepada seluruh Gubernur KDH Tk. Jawa Tengah dengan tembusan Gubernur KDH seluruh Indonesia agar merubah namanya menjadi Pembinaan Keluarga Sejahtera.

Sejak nama Pendidikan Kesejahteraan Keluarga itu diganti dengan nama Pembinaan Keluarga Sejahtera, sejak saat itu Gerakan PKK dilaksanakan diseluruh Indonesia dengan nama Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan setiap tanggal 27 Desember ditetapkan sebagai “Hari Kesatuan Gerak PKK”, yang diperingati setiap tahunnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Pariaman Lucyanel Genius dalam  acara HKG PKK ke-47 Tahun 2019 menyampaikan pidato dari Ketua Umum PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo yang mengatakan bahwa Tema PKK tahun ini yang berbunyi Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras Dengan Program Pemerintah  tersebut mengandung makna bahwa TP PKK sebagai mitra kerja Pemerintah berkewajiban untuk secara konsisten mengiringi dan mendukung garis kebijakan Program Pemerintah.

Berbagai dinamika pembangunan yang bisa terjadi harus dapat kita antisipasi dari beberapa kemungkinan sebagai efek atas penyelenggaraan pesta demokrasi pada pertengahan bulan April yang akan datang, sasaran pencapaian program pemerintah perlu kita dorong melalui peran nyata Gerakan PKK sebagai gerakan dalam pembangunan yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya keluarga dan masyarakat yang sejahtera.

Untuk prestasi TP PKK Kota Pariaman telah banyak meraih prestasi tersebut diantaranya Lomba Gerakan PKK Tahun 2018 mendapatkan Juara Harapan II Lomba Pola Asuh Anak Dan Remaja

Rel/ Harsyi Warsilah

TerPopuler