Senin, 12 Agustus 2019

Berikut Pesan Walikota Pariaman Genius Umar, Pada Puncak Hari Anak Nasional


PARIAMAN, BANGUNPIAMAN.COM---Pemerintah Kota Pariaman mengelar Hari Anak Nasional ( HAN). Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula Balai Kota Pariaman, Senin (12/8/2019).

Pada kesempatan tersebut Walikota Genius Umar meminta, pendidik, orang tua dan keluarga yang ada di Kota Pariaman sebagai pihak yang bertanggung jawab atas tumbuh kembang anak.

“ Anak – anak Kota Pariaman saat ini semuanya sudah pintar, namun kita tetap punya tugas agar bisa menciptakan anak – anak yang GENIUS (Gesit, Empati, Berani, Unggul, Sehat)," ungkapnya.

Menurut Genius, Pemerintah Kota Pariaman bersama masyarakat dan orangtua serta pihak – pihak yang peduli dengan masa depan anak, harus terus menerus meningkatkan pelayanan kesejahteraan dan perlindungan dalam rangka pemenuhan hak – hak anak.

Ini dibuktikan dengan telah adanya program wajib belajar (wajar) 12 tahun, Mendirikan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada setiap desa dan kelurahan dan perda wajib baca tulis Al-Qur’an.

“ Salah satu bentuk pelayanan kesejahteraan dan perlindungan anak yang telah kita upayakan adalah kebijakan pengembangan pariaman sebagai Kota Layak Anak (KLA) yang telah berhasil meraih 5 kali penghargaan tingkat nasional, adanya ruang ramah anak di Kota Pariaman, “ tambahnya.

Dengan bertemakan” Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak “  Walikota berpesan ini bukan seremonial saja namun merupakan titik tolak untuk meningkatkan kepedulian.



Kesadaran dan tanggung jawab semua pihak dalam memberikan pelayanan kesejahteraan dan perlindungan terhadap pemenuhan kebutuhan hak anak, tumbuh kembang dengan baik sesuai amanat UU dan Perda yang telah disepakati bersama.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Prov.Sumbar yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemenuhan Anak DP3AKB  Sumarni mengapresiasi Puncak HAN Tahun 2019 di Kota Pariaman karena Peringatan puncak HAN di kota Pariaman sangat luar biasa.

“ HAN memang diperingati setiap tanggal 23 juli setiap tahunnya namun kami meminta puncaknya tetap digelar setiap kota/kabupaten karena ini sangat penting untuk diadakan. Sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak di Indonesia disebutkan ada beberapa hak yang harus dipenuhi, makanya peringatan HAN ini sangat penting dilaksanakan dan pelaksanaannya di Kota pariaman sangat bagus sekali dan luar biasa, " ungkapnya.

Kesempatan kali ini juga diucapkan selamat kepada Walikota Pariaman atas prestasi Kota Layak Anak dan penghargaan Ruang Bermain Ramah Anak tingkat Nasional Tahun 2019 di Makasar.

“ Penghargaan ruang bermain ramah anak wajar dan layak diraih oleh Kota Pariaman keran menyaksikan secara langsung tim penilai saat itu sangat mengapresiasi uasah Pemko Pariaman membuat senyaman mungkin ruang tersebut sehingga Kota Pariaman mendapatkan nilai tertinggi untuk ruang bermain ramah anak ini, " terangnya.

Ia berharap anak – anak di Kota Pariaman tetap terjaga dan diberi haknya selayak mungkin. Mulai hak pendidikan, hak kesehatan, hak pengasuhan, hak perlindungan dan hak rekreasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman selaku ketua pelaksana Nazifah mengatakan , " Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media, pemerintah dan negara dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk anak serta memberikan perhatian dan informasi yang seluas – luasnya kepada seluruh anak dan keluarga tentang pentingnya meningkatkan kualitas anak melalui pengasuhan keluarga yang berkualitas “.

Yang menjadi sasaran pada kegiatan HAN Tahun 2019 di Kota Pariaman adalah forum anak desa/keluarahan, siswa/siswi SLTP, SLTA dan semua anak Kota pariaman. Puncak peringatan HAN  ini di dihadiri langsung oleh Walikota Pariaman, Forkopimda, Kepala Dinas dp3akb provinsi, BMUD, BUMN, Bunda PAUD Kota Pariaman, kepala OPD se kota pariaman, kepala sekolah TK, SD dan SMP serta perwakilan murid sekolah dasar Sekota Pariaman.

Puncak Hari Anak Nasional Tahun 2019 di Kota Pariaman di meriahkan dengan penampilan minat dan bakat anak - anak Kota Pariaman mulai dari Sekolah Dasar hingga SMA di Kota Pariaman, seperti Syarhil dari SMA 1 Pariaman.

Kemudian Pantomin dari SLB Kota Pariaman, Drama monolog dari SMA 2 Pariaman, Debat Bahasa Indonesia dari SMA 2 collab SMA 3 Pariaman, Penyampaian suara anak dan penyerahan langsung kepada Walikota Pariaman oleh forum anak kota pariaman. Dipenghujung puncak HAN  juga diberikan doorprize kepada siswa - siswi undangan yang hadir pada puncak HAN yahun 2019 di Kota Pariaman.

Pewarta : Harsyi Warsilah

YUK BAGIKAN...

TENTANG:

Redaksi Dan Perusahaan Pers Berdasarkan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers Ditayangkan oleh : PT. BANGUN PIAMAN MEDIA TAMA Keputusan Menkumham RI Nomor AHU-0034964.AH.01.01.Tahun 2017 Berdasarkan Akta Notaris JELISYE PUTRI CENERY, SH, MH, M.KNNo.01 Tanggal 03 Agustus 2017.

0 komentar:

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih