Pembukaan MTQ ke 37 Tingkat Kabupaten Padang Pariaman Berlangsung Meriah

Bupati Ali Mukhni Membuka MTQ Ke-37 Tingkat Kabupaten Padang Pariaman Jumat 30 Agustus 2019, di Kayutanam ( Fhoto : Humas)

KAYUTANAM---Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni membuka acara MTQ Nasional ke-47 Tingkat Kabupaten Padang Pariaman sekaligus melantik 67 dewan hakim dan 26 panitera di lapangan kantor Camat 2 x 11 Kayu Tanam, Jumat (30/08).

Turut dihadiri Plt Kabiro Bintal Setdaprov Sumatra Barat, Kepala Kantor Kementrian Agama Provinsi Sumatra Barat anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman, unsur Forkopimda Kabupaten Padang Pariaman, Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman H. Jonpriadi, SE, MM, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari dan Kepala KUA se Kabupaten Padang Pariaman.

Lapangan kantor Camat disesaki oleh kafilah dari seluruh kecamatan dan masyarakat se Padang Pariaman guna memeriahkan dan menyaksikan pembukaan MTQ.

Bupati memberikan apresiasi terhadap semua panitia yang telah terlibat dalam pelaksanaan MTQ ke-47 tingkat Kabupaten Padang Pariaman terutama kepada Camat 2 x 11 Kayu Tanam selaku ketua panitia pelaksana.

"Sebagaimana diketahui visi Kabupaten Padang Pariaman ialah mewujudkan kabupaten yang baru, religius, cerdas, dan sejahtera melalui tujuh misi utama salah satunya meningkatkan kualitas kehidupan beragama berdasarkan falsafah adat basandi syarak syarak basandi kitabullah," ujarnya mengawali sambutan.

Bupati juga menambahkan bahwa pelaksanaan MTQ di  Kabupaten Padang Pariaman dilaksanakan setiap tahunnya baik tingkat kecamatan sampai dengan tingkat kabupaten hal ini merupakan implementasi dari visi misi Kabupaten Padang Pariaman.

"Kita perlu menyadari bahwa realitas hidup telah menjauhkan sebagian anggota masyarakat kita dari Allah SWT ini merupakan dampak dari globalisasi dengan masuknya budaya asing, pergaulan bebas, peredaran dan penyalahgunaan narkoba, serta beratnya beban kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat merupakan sebuah tantangan dan ujian untuk beribadah menerapkan nilai-nilai Alquran secara kaffah," hematnya.

Lebih jauh pembaca Al Quran tiap hari itu menjelaskan tujuan dari pelaksanaan MTQ ini ialah untuk mencari bibit khafilah yang berpotensi di tingkat kabupaten untuk menuju tingkat nasional, membangun rasa semangat dan percaya diri khafilah Kabupaten Padang Pariaman.

Bupati mengatakan bahwa bentuk apresiasi dan motivasi kepada qori dan qoriah berprestasi dihadiahi umrah ke tanah suci Mekkah yang juga  sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, dan memotivasi masyarakat membaca Al Quran setiap hari.

"Jadikan membaca Al Quran sebagai aktifitas rutin setiap hari. Ini merupakan wujud yg hakiki dari tujuan pelaksanaan pelaksanaan MTQ," katanya lagi.

"Kepada segenap khafilah, pelatih dan pendamping serta dewan hakim kami mengimbau hendaknya kegiatan musabaqah ini kita jadikan sebagai bagian dari peningkatan ukhuwah Islamiyah, pengembangan nilai-nilai Al Quran sebagai pedoman hidup di dunia dan akhirat," pungkasnya.

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan pelantikan dewan hakim dan panitera yang akan bertugas mulai malam ini hingga penutupan 2 September 2019 nanti. Dewan Hakim diketuai oleh Drs. Amiruddin.

Pada saat pelantikan Bupati Padang Pariaman berpesan agar dewan hakim dan panitera memiliki sikap yg jujur, arif dan bijaksana serta tetap mengkedepankan sikap profesinonalisme demi kesuksesan acar di setiap bidangnya.

Senada dengan itu Camat 2 x 11 Kayu tanam Syamsunar BA dalam sambutannya melaporkan waktu pelaksanaan MTQ nasional ke-47 yaitu mulai dari 30 Agusutus 2019 sampai 02 September 2019 di lapangan utama kantor Camat 2 x 11 Kayu Tanam.

"Peserta MTQ Nasional ke-47 tingkat Kabupaten Padang Pariaman berjumlah 1.223 orang dengan rincian kontingen khafilah 17 kecamatan, official 159 orang peserta 771 orang, dewan hakim 67 orang, panitera 26 orang dan panitia 200 orang," ujarnya mengakhiri.

Rel/Wis
Diberdayakan oleh Blogger.