Dinsos P3A Bersama Dinas Kesehatan Targetkan Padang Pariaman Raih Kabupaten Layak Anak Level Madia

Dinsos P3A Bersama Dinas Kesehatan Targetkan Padang Pariaman Raih Kabupaten Layak Anak Level Madia

Kamis, 19 September 2019, 10.40.00
Sekda Padang Pariaman Jonpriadi Saat Memberikan Sambutan, Pada Workshop Imunisasi ( Fhoto : Humas)

PADANG--- Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP3A) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) di Kabupaten Padang Pariaman berkolaborasi untuk pencapaian Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Madya tahun 2020 mendatang.

Hal tersebut disepakati pada Pertemuan Workshop Peningkatan Kapasitas Tenaga Kesehatan dan Dukungan Lintas Sektor terhadap Peningkatan Program Imunisasi (Workshop Imunisasi). Workshop berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 17-19 September 2019 di Padang. Workshop tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman H. Jonpriadi, SE, MM.

“Luar biasa Dinkes dan DinsosP3A yang berkolaborasi dengan pemberian imunisasi lengkap kepada anak-anak Padang Pariaman. Ini jelas bertujuan untuk melindungi anak terhadap penyakit,” kata Jonpriadi didampingi Kepala DinsosP3A Hendra Aswara.

Ke depan, kata Jonpriadi, DinsosP3A diminta terus menjalin kerja sama dengan seluruh dinas untuk mewujudkan KLA. Pengisian indikator KLA sudah dimulai pada bulan Maret 2020 mendatang. Seperti Dinas Pendidikan, Dinas Dukcapil, Dinas Kominfo, dunia usaha dan lain sebagainya.

"Tahun ini kita sudah mulai persiapkan untuk raih KLA 2020 kategori Madya,"  kata mantan Kepala  Bappeda itu.

Pemenuhan lima klaster penilaian KLA yaitu Hak Sipil dan Kebebasan, Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan, Pendidikan, Pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya dan Perlindungan Khusus.

"Lima kluster ini sudah harus lebih baik dari tahun sebelumnya," ujar Hendra Aswara menambahkan.

Sementara, Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Jasneli mengatakan bahwa Workshop Imunisasi diikuti oleh seluruh puskesmas se-Padang Pariaman, Forum Kabupaten Sehat, MUI, Kemenag, Koordinator PKH, Dinas Sosial, Dinas Dikbud, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB dan Bagian Humas.

"Program imunisasi lengkap kepada seluruh anak Padang Pariaman butuh dukungan seluruh elemen masyarakat. Alhamdulillah, komitmen sudah berjalan baik dan semoga dilancarkan Allah SWT," kata Jasneli mengakhiri. (rel/wis)

TerPopuler