Peduli Kelestarian Budaya, Pemuda Padang Sago Gelar Kemping Literasi Budaya

Peduli Kelestarian Budaya, Pemuda Padang Sago Gelar Kemping Literasi Budaya

Minggu, 22 September 2019, 20.20.00
Fhoto Bersama di Lokasi Kemping ( Fhoto : Yahya)

PADANG SAGO---Menipisnya pemahaman generasi muda terhadap budaya alam Minangkabau yang merupakan dampak perkembangan  tekhnologi yang begitu pesat  serta budaya luar yang semakin menusuk membuat pemuda Padang Sago prihatin akan hal ini.

Maka dari itu pemuda Padang Sago berinisiatif mengadakan kemping literasi budaya yang di laksanakan Sabtu 21 September 2019.

Agenda yang baru kali ini dilaksanakan ini mengambil tempat dengan nuansa alam di korong Tanjung Mutus Nagari Koto Dalam Barat kecamatan Padang Sago.

Suasana Kemping di Korong Tanjung Mutuih ( Fhoto : Yahya)

" Kita sebagai pemuda harus bertanggung jawab atas kelestarian budaya kita sebagai warisan nenek moyang," ucap Roni Okdiarto salah seorang penggagas agenda ini pada bangunpiaman.com

 Acara yang mengambil settingan alam ini bertujuan untuk agar generasi muda sadar dengan alamnya sehingga nantinya sadar juga akan budayanya juga. Sesuai dengan filosofi Minangkabau"alamtakambang jadi guru".

 " Dengan kegiatan ini kita berharap kedepannya Padang Sago semakin banyak melahirkan tokoh-tokoh yang dapat membangun kecamatan ini dalam lingkup yang lebih luas", tambah Roni yang menjabat ketua PPK kecamatan Padang Sago pada pemilu 2019 yang lalu.

Sementara itu Dedi Cahyadi yang juga penggagas sekaligus  bertindak sebagai pembicara dalam kemah budaya ini berharap dengan kegiatan ini generasi muda mau kembali mengenal budayanya sehingga adat Adat Basandi Sarak,Sarak Basandi Kitabullah kembali benar benar tegak di bumi Padang Sago.

" Kita memiliki sangat banyak seni dan budaya seperti silek,ulu angek,gandang tasa dan banyak lainnya yang merupakan warisan nenek moyang,oleh sebab itu kita wajib menjaganya," ujar Dedi yang juga merupakan penggerak Silek Kumango Padang Sago ( SKPS ) ini.

Kegiatan yang, murni inisiatif pemuda ini selain kepedulian pada adat,seni dan budaya ini terlebih penting tujuannya meningkatkan silaturahim sesama pemuda di kecamatan Padang Sago,sehingga kedepannya menjadikan Padang Sago yang berkarakter dan mampu menjadikan pemuda yang kreatif dan inovatif.

Agenda ini akan terus berlanjut secara kontinyu dengan tema dan lokasi yang berbeda.

Pewarta : Yahya

TerPopuler