Pemkab Padang Pariaman Terus Matangkan Smart City

Bupati Padang Pariaman Saat Membuka Bimtek Tahap III Smart City ( Fhoto Dok.Kominfo)

PADANG----Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menunjukkan keseriusannya atas Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani pada bulan Mei lalu untuk menjadi bagian dari Gerakan Menuju 100 Smart City.

Hal tersebut terlihat dengan dilaksanakannya Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap III Gerakan Menuju 100 Smart City di Hotel Kyriad Bumi Minang tanggal 11-12 September 2019 lalu.

Bimtek yang dilaksanakan selama dua hari ini merupakan lanjutan dari  serangkaian bimtek yang telah dilakukan pada tahap I dan II beberapa waktu lalu.

Pada tahun ini dilaksanakan sebanyak IV tahap. Bimtek diikuti seluruh Kepala OPD, RSUD, PDAM , Komunitas IT, Pokdarwis, dan organisasi yang dibuka langsung oleh Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni pada Selasa (10/09/2019).

Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni dalam sambutannya mengharapkan pada tahap ketiga ini dapat menghasilkan analisis mendalam serta perencanaan yang baik terkait roadmap pembangunan smart city di ranah saiyo sakato ini.

“Semua yang terlibat bimtek ini terutama para kepala OPD agar mengikuti seluruh tahapan dan memberikan ide-ide kreatifnya yang dijadikan dasar penyusunan masterplan smart city,” ujar peraih Inovatif Government Award (IGA) tahun 2018 ini.

Kemudian, Ali Mukhni menambahkan,  sebagai Kabupaten Terinovatif ke-2 di Indonesia, tentu akan menjadikan program Gerakan Menuju 100 Smart City ini sebagai jalan dan landasan dalam melaksanakan inovasi-inovasi tuntuk mewujudkan Padang Pariaman unggul, cerdas dan sejahtera.

“Kita juga menyadari, untuk mewujudkan Kabupaten cerdas tidak bisa lepas dari teknologi informatika dalam pelaksanaan tugas pemerintahan, pelayanan publik dan pembangunan sebagaimana yang dikenal dengan e-government” ulasnya

"Namun demikian  pembangunan Smart City tidak sekedar mengedepankan efesiensi birokrasi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), tapi juga bagaimana membangun masyarakat dengan menjadikan infrastruktur dan sarana TIK sebagai faktor pendukung atau enabler,” tukuk Bupati 2 periode ini.

Kepala Dinas Kominfo Sahirman Menyampaikan Laporan Pada Bimtek Smart City Tahap III ( Fhoto Dok. Kominfo )

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Zahirman. S.Sos. MM. yang merupakan Ketua Tim Pelaksana Smart City Padang Pariaman, dalam laporannya mengungkapkan, Bimtek tahap III ini akan focus pada pembahasan rencana masterplan dan menyusun quickwin berupa inovasi dan terobosan baru melalui ide dan gagasan dari seluruh OPD.

”Ada enam dimensi yang melandasi penyusunan masterplan Padang Pariaman menuju Smart City, yaitu Smart Government, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment,” ulasnya

Nantinya, masterplan tersebut akan menjadi acuan menciptakan integrasi, sinkronisasi dan sinergi antara perencanaan pengembangan smart city di tingkat pusat dan daerah.

Peserta Sosialisasi Bimtek Smarcity ( Fhoto : Dok Kominfo)

“Titik akhir dari bimtek ini adalah masterplan smart city Kabupaten Padang Pariaman yang akan dipaparkan dalam Rakor Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia  yang dilaksanakan oleh Kementerian Kominfo pada bulan Desember,” jelas mantan Kabag Humas ini.

Sebagai pembimbing dan instruktur dalam Bimtek ini adalah Hari Kusdaryanto (Chief Strategic Officer Citiasia) dan DR. Hasyim Gautama, M.Sc (Kasubdit Layanan Aplikasi Informatika Kemenkominfo).

(rel/Wis)
Diberdayakan oleh Blogger.