Pemko Pariaman Gelar Seminar Pembangunan Berbasis SDM Unggul

Pemko Pariaman Gelar Seminar Pembangunan Berbasis SDM Unggul

Jumat, 13 September 2019, 17.00.00
Seminar Berbasis Sumber Daya Manusia, di Balaikota Pariaman Jumat 13 September 2019

PARIAMAN---Walikota Pariaman Genius Umar, Jum'at (13/09/2019) membuka secara resmi Seminar Pembangunan Berbasis Sumber Daya Manusia Unggul dan industri 4.0 di Aula Balaikota Pariaman.

Seminar tersebut bertujuan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kota Pariaman.

Menurut Wako Genius,  membangun suatu daerah yang paling utama dibangun adalah sumber daya manusia (SDM).

"Dari sisi sekolah pendidikan formal, Kota Pariaman sangat kosentrasi untuk mengembangkan SDM, dan melaksanakan wajib belajar 9 tahun. Karena SMA/SMK pindah ke daerah Provinsi, Maka Pemko Pariaman membayar subsidi ke Provinsi untuk membantu biaya pendidikan anak-anak SMA/SMK Kota Pariaman," ulasnya

Untuk Perguruan Tinggi, sebut Genius Umar, Pemko Pariaman memiliki program satu rumah satu sarjana (sagasaja) untuk keluarga kurang mampu.

Bagi keluarga kurang mampu minimal memliki satu yang harus sarjana di keluarganya sekurangnya pendidikan D3. Sehingga   setelah tiga tahun tamat dari pendidikan tersebut, mereka bisa bekerja dan mengangkat keluarganya dari kemiskinan.

"Di era industri 4.0 tidak lagi secara manual melakukan sesuatu, kita dituntut cepat dalam melakukan segala hal. Ketika Pemerintah lambat dalam melaksanakan pelayanan, rakyat langsung protes, sehingga Pemko melaksanakan program smartcity, bagaimana pelayan publik itu dengan sistem online.

Dari sisi pembangunan, kita melaksanakan pembangunan berbasis ekologi, mengembangkan waterfroncity dimana sungai menjadi harapan kita, sungai menjadi bersih sehingga bisa menjadi tujuan wisata", jelasnya.

Lebih lanjutnya, dari segi kesehatan, kita mengembangkan healtycity yaitu kota sehat. bagaimana masyarakat sekitar sehat, SDM nya bagus, otaknya pintar dan sehat, sehingga ketika kita membangun infrastuktur fisik pun bisa dinikmati oleh masyarakat.

Kegiatan seminar menghadirkan narasumber mantan Menteri Kelautan dan Perikanan era kepemimpinan Presiden Gus Dur dan Megawati  Rokhmin Dahuri, yang mengatakan Membangun Kota Pariaman harus memiliki konsep pembangunan yang benar dan jitu dan

mengimplementasikan konsep pembangunan tersebut secara  berkelanjutan dengan syaratnya, Kota Pariaman harus memiliki SDM unggul dan berbasis teknologi, semoga kota Pariaman menjadi maju, sejahtera, dan menjadi waterfront city

Pewarta : Harsyi Warsilah

TerPopuler