Balai Bahasa Sumbar Gelar Penyuluhan Penggunaan Bahasa Media Luar Ruang di Kota Pariaman

Balai Bahasa Sumbar Gelar Penyuluhan Penggunaan Bahasa Media Luar Ruang di Kota Pariaman

Senin, 14 Oktober 2019, 17.46.00
Balai Bahasa Sumatera Barat Bekerjasama Dengan Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Kota Pariaman Mengelar Penyuluhan Penggunaan Bahasa Media Luar Ruang, Senin 14 Oktober 2019, di Aula Balaikota Pariaman ( Fhoto : Harsyi Warsilah)

PARIAMAN---Balai Bahasa Sumatera Barat bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pariaman, Senin (14/10/2019) mengelar Penyuluhan Penggunaan Bahasa Media Luar Ruang. Penyuluhan tersebut dilaksanakan di aula Balaikota Pariaman.

Penyuluhan tersebut akan berlangsung selama tiga hari yang dilaksanakan dari tanggal 14 s/d 16 Oktober 2019 mendatang.

Menurut Non Maertis dari Balai Bahasa Sumatera Barat, selama ini generasi kita menggunakan media luar ruang jika dilihat dari spanduk ternyata masih banyak menggunakan Bahasa Inggris.

"Kita bukan alergi dengan Bahasa Inggris, namun alangkah baiknya menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan kita. Melalui penyuluhan  hari ini kami dari Balai Bahasa Sumatera Barat berharap kedepannya hendaknya memasyarakatkan Bahasa Indonesia. Karena tugas kami dari Balai Bahasa bagaimana memartabatkan bahasa kita Bahasa Indonesia," ulasnya

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Hertati Taher mengatakan, kegiatan penyuluhan hari ini sebenarnya sudah ada dilaksanakan  sebelumnya dari Balai Bahasa Provinsi Sumatera. Namun hari ini Pemerintah Kota Pariaman memfasilitasi kegiatan ini dilaksanakan di Kota Pariaman secara mendalam.

"Kita berharap kalangan pemerintah maupun dari organisasi kemasyarakatan yang ada di Kota Pariaman dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan tempat. Penggunaan bahasa yang salah selama ini akan diluruhkan oleh Balai Bahasa melalui penyuluhan yang dilaksanakan selama tiga hari ini," ulasnya.

Dijelaskannya, pada bulan Juli lalu untuk organisasi dan instansi pemerinntah dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman telah dilaksanakan. Sekarang ini media luar ruang non organisasi pemerintah seperti LPM, Bundo Kanduang, PWI, KNPI.

"PWI sehari-hari mempunyai kiprah untuk melaksanakan pelayanan masyarakat tetapi diluar organisasi pemerintah," ulasnya

Pewarta : Harsyi Warsilah

TerPopuler