Bupati Ali Mukhni Beri Kuliah Umum Pada Wisudawan Politeknik Negeri Padang

Bupati Ali Mukhni Beri Kuliah Umum Pada Wisudawan Politeknik Negeri Padang

Selasa, 22 Oktober 2019, 10.29.00
Bupati  Ali Mukhni Memberikan Kuliah Umum kepada 1.281 Wisudawan Politeknik Negeri Padang ( Fhoto : Humas)

PADANG--- Dihadapan 1.281 wisudawan/ti Politeknik Negeri Padang, dosen dan orang tua wisudawan, Bupati Padang Pariaman sampaikan kuliah umum dengan judul “Menjawab Tantangan Industri 4.0 dengan Kreativitas, Inovatif dan Kolaboratif”, Minggu (20/10/2019) lalu

Mantan guru olahraga itu memotivasi dan menyemangati lulusan wisudawan ke-56 itu untuk dapat menguasai teknologi, informasi dan skill lainnya dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin kompetitif.

"Mulai tahun 1960, sejak diciptakannya komputer kemudian muncul internet hingga sekarang kita memasuki era Revolusi Industri 4.0, tantangan zaman semakin berat. Zaman sekarang kita sudah memasuki era robotik dan otomatisasi. Semuanya serba online, manual sudah mulai ditinggalkan," kata Ali Mukhni memulai presentasinya.

Bupati Ali Mukhni dihadiahi buku yang ditulis sendiri oleh lulusan Departemen Bahasa Inggris PNP Ainul Asri Hidayat berjudul "Welcome to Padang Pariaman Natural Beauty" ( Fhoto : Humas)

Tapi, kata Ali Mukhni, beruntunglah ananda sekalian yang kuliah di Politeknik Negeri Padang ini karena ananda sudah disiapkan untuk menghdapi tantangan zaman itu.

"Sudah tepat kiranya ananda sekalian kuliah di Politeknik Negeri Padang ini karena perguruan tinggi ini telah menyiapkan ananda sekalin menghadapi Revolusi Industri 4.0," puji Ali Mukhni disambut riuh tepuk tangan yang hadir.

Namun, kata Ali Mukhni mengingatkan, skill yang sudah ada harus diikuti dengan kreativitas, inovasi terlebih lagi kolaborasi.

"Tantangan revolusi indsutri 4.0 membutuhkan kreativitas, inovatif dan kolaborasi," katanya mengingatkan.

Ali Mukhni menekankan bahwa kolaborasi adalah kata kunci meningkatkan inovasi.

Ia mencontohkan untuk pencapaian kemajuan pembangunan Kabupaten Padang Pariaman dirinya selalu berkolaborasi dengan orang lain, intansi, perusahan, universitas bahkan dengan negara lain.

Hal itu tentu berkolaborasi dengan yang terdekat lebih didahulukan seperti berkolaborasi dengan masyarakat nagari dan kalangan muda/milenial.

Sebagai penutup, Ali Mukhni berpesan kepada seluruh wisudawan untuk tidak berhenti setelah memperoleh gelar.

Lulusan perguruan tinggi di masa depan selalu membutuhkan keahlian keterampilan sosial, kompetensi berinteraksi dengan berbagai budaya penguasan literasi baru dan belajar sepanjang hayat.

Ali Mukhni juga mengingatkan untuk selalu menghormati orang tua terutama ibu juga guru atau dosen.

"Agama Islam mengajarkan kita menyayangi ibu sampai tiga tingkatan setelah itu ayah kemudian guru atau dosen kalau di sini. Karena berkat mereka lah kita bisa mengarungi kehidupan ini," pesan Bupati yang suka bersedekah itu.

Selain mempresentasikan powerpointnya, Ali Mukhni mampu menyampaikan paparannya secara emosional menyentuh kalangan milenial fokus mendengarkannya, juga tidak pula lupa mempromosikan potensi Kabupaten Padang Pariaman, diantaranya rencana pembangunan Tarok City dan pembangunan lainnya yang sedang berlangsung.

Usai memberikan kuliah umum, Ali Mukhni dihadiahi buku yang ditulis sendiri oleh lulusan Departemen Bahasa Inggris PNP Ainul Asri Hidayat berjudul "Welcome to Padang Pariaman Natural Beauty". (rel/Wis)

TerPopuler