Kapolres Pariaman Pimpin Apel Pengamanan Tour De Singkarak

Kapolres Pariaman Pimpin Apel Pengamanan Tour De Singkarak

Rabu, 30 Oktober 2019, 12.31.00
Fhoto Bersama Usai Apel Gelar Pasukan TDS 2019 

PARIAMAN--Pemerintahan Kota Pariaman, mulai dari Pemko Pariaman, Polri, dan TNI, menggelar apel gelar pasukan pengamanan TdS tahun 2019 dalam rangka  mensukseskan dan mengamankan pada iven Tour de Singkarak (TdS) tahun 2019,di Kota Pariaman bertempat di Halaman Balaikota Pariaman, Rabu (30/10).

Apel gelar pasukan ini dipimpin oleh Kapolres Pariaman, AKBP Andry Kurniawan, dan dihadiri oleh Walikota Pariaman, Genius Umar, Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora, Sekdako Pariaman, Indra Sakti, Dandim 0308 Pariaman, Letkol Arm Heri Pujianto, Kajari Pariaman, Efrianto, Kepala OPD, Kabag serta personil upacara yang hadir.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan Persiapan TdS tahun 2019 sudah hampir 100%. Kota Pariaman sebagai tuan rumah untuk grand opening dan grand star harus bisa menjaga nama baik daerah.

Ia menyampaikan, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dan dijaga oleh pihak keamanan misalnya ternak yang lepas, mungkin ada pasir atau batu yang dipinggir jalan bisa menyebabkan jatuh dan anak-anak yang melintas di jalur lintasan yang dilewati pada saat TdS 2019.

“Pada hari kita bersama-sama melakukan gladi rute untuk mengecek semua kondisi dan betul siap seratus persen, sebelumnya sudah melakukan pengecekan beberapa kali,” tuturnya.

Lebih lanjutnya, Pemko Pariaman telah memberikan himbauan dan edaran kepada semua masyarakat dan kepala desa untuk tidak melepas ternak, atau ada yang melaksanakan pesta dekat pinggir jalan  pada saat TdS berlangsung.

“Dengan harapan bisa menjadi mileston atau menjadi batu loncatan untuk menambah majunya pariwisata sekaligus mempromosikan pariwisata Kota Pariaman keseluruh dunia karena TdS masuk kedalam lima besar iven internasional untuk sepeda inetrnasional,”tandasnya.

Kesempatan yang sama, Kapolres Pariaman, AKBP Andry Kurniawan menyampaikan bahwa pada iven TdS tahun 2019 Kota Pariaman mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah pada grand opening dan grand star.

Ia menyebutkan, setidaknya ada 500 lebih personil pengamanan ditempatkan di titik persimpangan jalur yang dilewati Tour de Singkarak 2019. Dengan 420 personel Polres Pariaman dan dibantu oleh anggota Kodim 0308 Pariaman, Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Pariaman dan Dinas Perhubungan.

Dengan sembilan persimpangan mulai dari Pantai Gandoriah Pariaman sampai jembatan Kuraitaji pada saat grand star, kemudian ada beberapa persimpangan juga pada saat rute loop  mulai dari Pantai Gandoriah Pariaman melewati Pantai Sunur, Pantai Kata dan kembali ke Pantai Gandoriah.

Sterilisasi jalur yang dilewati satu jam sebelum pelaksanaan, dengan melakukan penutupan sementara terhadap jalur yang dilintasi pebalap sepeda.

Untuk itu, saya mengharapkan sinergitas dan kerjasama semua selaku apatur keamanan beserta instansi terkait untuk saling bahu membahu bekerjasama dalam rangka mensukseskan dan mengamankan kegiatan TdS tahun 2019.

“Mari kita tunjukan kepada pemerintah maupun dunia internasional bahwa kota Pariaman mampu, tertib dan sanggup menjaga keamaanan dan ketertiban di Kota Pariaman , karena ini suatu kehormatan dan kebanggan bagi kita semua,” katanya mengakhiri.

Setelah mengelar Apel pasukan, rombongan yang dipimpin oleh Walikota Pariaman dan Kapolres Pariaman bersama Forkopimda, mengecek rute jalur yang akan dilewati oleh pebalap sepeda di TdS tahun 2019.

Harsyi

TerPopuler