M.Syukri : Pemanfaatan Aliran Sungai di Perkotaan Perlu Keterlibatan Semua Pihak

M.Syukri : Pemanfaatan Aliran Sungai di Perkotaan Perlu Keterlibatan Semua Pihak

Selasa, 01 Oktober 2019, 17.37.00
Sekdis Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kota Pariaman M.Syukri, Saat Buka Diskusi Tematik tingkat Kota Pariaman, Program Kotaku Tanpa Kumuh ( Fhoto : Harsyi)

PARIAMAN---Sekretaris Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kota Pariaman, M.Syukri membuka diskusi tematik tingkat Kota Pariaman program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh)

Kegiatan bersama Koordinasi Kota (Korkot) 2 Pariaman oleh Tim Oversight Consultant (Konsultan Pengawasan) 2 Sumatera Barat, di Aula Hotel Safari Inn Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, Selasa (1/10).

Menghadirkan narasumber Yuni Martini yang merupakan Korkot 2 Kota Pariaman KMW/OC 1 Provinsi Sumatera Barat, Nofrizal Busri selaku Askot 2, serta anggota Kelompok Kerja (Pokja) desa/kelurahan yang dilalui Daerah Aliran Sungai (DAS) yakni Kelurahan Kampung Perak, Kelurahan Pondok Duo, Kelurahan Lohnong dan Kelurahan Karan Aur.

Kegiatan ini merupakan diskusi pemanfaatan kawasan perkotaan dimana daerah aliran sungai sangat rawan memungkinkan terjadinya pembuangan sampah secara berkelanjutan yang mengakibatkan kekumuhan dan menjadi sumber penyakit.

M. Syukri, dalam arahan saat pembukaan kegiatan diskusi ini menuturkan, persoalan ini tidak cukup menjadi tanggung jawab satu elemen saja, namun harus ada sinergisitas lintas sektor dari beberapa lembaga dan OPD yang ada di Pemko Pariaman.

" Seperti Dinas PUPR, BAPPEDA, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang berkolaborasi untuk menjadikan kawasan daerah aliran sungai menjadi objek-objek menarik yang dapat menjadi daya tarik wisatawan, sebagaimana yang selalu disampaikan oleh Bapak Wako Pariaman, Genius Umar," jelas Syukri.

Lebih lanjut, ungkap Syukri lagi, pihaknya berharap dengan adanya kegiatan pemanfaatan daerah aliran sungai dalam mengurangi upaya kekumuhan yang terjadi, berdampak nilai ekonomi kepada masyarakat dan bernilai wisata. (Harsyi)

TerPopuler