Ketua Kwarcab 16 Pariaman Genius Umar Buka Perkemahan Wirakarya

Ketua Kwarcab 16 Pariaman Genius Umar Buka Perkemahan Wirakarya

Jumat, 01 November 2019, 14.59.00
Walikota Pariaman Genius Umar Memasangkan Tanda Peserta Perkemahan Wira Karya Cabang ( PWC) Tahun 2019

PARIAMAN---Kwartir Cabang 16 Kota Pariaman mengadakan Perkemahan Wirakarya Cabang (PWC)Tahun 2019 Kota Pariaman.

Perkemahan yang dilaksanakan tanggal 31 Oktober s.d 03 November Tahun 2019 di Desa Tungkal Selatan Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman ini dibuka langsung oleh Ketua Kwartir Cabang 16 Kota Pariaman Genius Umar hari ini Jum’at (01/11/2019).

Dalam sambutannya Ketua Kwartir Cabang 16 Kota Pariaman Genius Umar mengapresiasi kegiatan dan semangat adik – adik pramuka dalam mengikuti perkemahan ini.

“ Hari ini kita melaksanakan perkemahan wirakarya cabang 16 Kota Pariaman, tujuannya adalah untuk melatih adik – adik pramuka dalam disiplin ilmu, disiplin diri, mendidik kepribadian dan keterampilan. Ini juga merupakan kegiatan rutin lima tahunan kwartir cabang 16 Kota Pariaman sebagai bagian dari kawah candradimuka adik – adik peserta perkemahan, “ ungkapnya.

Pramuka banyak mengambil peran apalagi Kota Pariaman menjadi tujuan wisata dari berbagai daerah. Banyak hal yang harus dilakukan sebagai kota wisata salah satunya menjaga lingkungan. Bagaimana lingkungan agar tetap bersih dan berseri sehingga para wisatan ingin mengunjungi Kota Pariaman ini.

“ Disini peran adik – adik pramuka sangat penting, apakah dalam bentuk penanaman pohon, menjaga kebersihan kota dan peranan pramuka untuk melakukan edukasi dilingkungan serta sekolah masing – masing tentang pentingnya menjaga lingkunga, kebersihan dan keindahan kota. Dan yang paling penting, anggota pramuka harus bisa membantu pemerintah daerah dalam melakukan promosi Kota Pariaman, “ jelasnya.

PWC merupakan salah satu kegiatan bakti pramuka penegak dan pramuka pandega yang berbentuk perkemahan dengan sasaran pembangunan masyarakat ditempat pelaksanaan kegiatan. Dengan PW akan memberikan kesempatan kepada adik – adik pramuka untuk bekerja dan belajar menerapkan dalam perbuatan nyata, berfaedah bagi masyarajat, pengetahuan, kecakapan dan keterampilan yang diperoleh dari latihan – latihan disatuannya sehingga dapat tercapai kolaborasi dengan masyarakat untuk membangun negeri.

Sementara itu ketua pelaksana PWC Y.K Wandi mengatakan bahwa fungsi penyelenggaraan PWC adalah menciptakan generasi muda tangkas dan berdaya saing tinggi, menambah pengetahuan tentang gerakan pramuka Indonesia dan menumbuhkan rasa nasionalis yang tinggi terhadap NKRI.

“ Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, membangun semangat dan kerja sama, mengevaluasi setiap anggota pramuka yang berpotensi di tingkat cabang, mengembangkan bakat dan keterampilan, wawasan berfikir, berlatih, mandiri dan sportifitas. Meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dalam bidang wawasan kebangsaan, memperoleh evaluasi yang konkrit terhadap pengetahuan setiap anggota pramukapenegak ditingkat cabang dan meningktanya rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara, “ ungakpnya.

Kegiatan yang bertemakan siap sedia membangun keutuhan NKRI ini diikuti oleh pramuka penegak dan pandeka yang berbasis di gugus depan SMA, SMK dan MA serta Satuan Karya (SAKA) dilingkungan cabang 16 gerakan pramuka Kota Pariaman.

Pembukaan PWC dihadiri juga oleh Sekjen TPO for Asia Pacific Cities Kim Soo-il dan rombongan, Dandim 0308 pariaman, Ka.Kwarda Suamtera Barat, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman, Ketua Harian kwarcab Kota Pariaman, Ketua LKAAM Kota Pariaman, Bundo kanduang, KNPI, Karang taruna Kota Pariaman.

Ketua Kwartir Cabang 16 Kota Pariaman Genius Umar berharap agar semua adik – adik bisa menjaga diri saat perkemahan berlangsung, bersifat sopan dan ramah, rajin beribadah dan tetap menjalin kekompakan sesama anggota pramuka.(dewi lestari/Harsyi)

TerPopuler