Persiapan Hari Nusantara Tingkat Nasional Terus Dimatangkan, Presiden Jokowi Dijadwalkan Akan Hadir di Pariaman

Persiapan Hari Nusantara Tingkat Nasional Terus Dimatangkan, Presiden Jokowi Dijadwalkan Akan Hadir di Pariaman

Senin, 18 November 2019, 15.22.00
Rapat Pematangan Persiapan Hari Nusantara Tingkat Nasional Senin 18 November 2019 di Balairung Walikota Pariaman ( Fhoto : Harsy)

PARIAMAN---Untuk mematangkan persiapan Kota Pariaman  sebagai Tuan Rumah Hari Nusantara Nasional pada 13 Desember 2019 mendatang.

Kementerian PUPR, Kemenko Maritim, serta Pemerintah Provinsi Sumbar mengadakan rapat persiapan Hari Nasional tersebut bersama jajaran Pemerintahan Kota Pariaman dan Forkopimda di Balairung Walikota Pariaman, Senin (18/11/2019).

Rapat itu dihadiri Sekretaris Ditjen Penyediaan Perumahan, Kementerian PUPR, Dadang Rukmana.

Dia mengatakan, pihaknya sangat mendukung Kota Pariaman  menjadi tuan rumah dalam Hari Nusantara tersebut.

"Ya kami tentu mendukung perihal ini, maka hari ini kita adakan rapat persiapan dengan seluruh pihak terkait," kata Dadang Rukmana.

Lebih lanjut Dadang mengatakan, hasil rapat persiapan meliputi agenda serta seluruh rangkaian acara dan hal-hal yang dianggap perlu.

Hasil rapat tersebut akan disampaikan kepada Mentri PUPR, selaku ketua panitia nasional kegiatan itu.

"Nanti kami sampaikan kepada Bapak Menteri, dan akan disampaikan kepada Presiden. Insya Allah Presiden akan datang dalam hari puncak agenda Nasional ini," sebut Dadang.

Suasana Rapat Persiapan Hari Nusantara Tingkat Nasional, di Balai Walikota Pariaman. Fhoto : Harsyi Warsilah 

Sementara itu, Direktur Kemenko Maritim Kosmas Harefa mengatakan untuk saat ini kesiapan kota Pariaman sebagai Tuan Rumah sudah 50 persen.

"Ya sudah tampak oleh kita, kesiapan Kota Pariaman sudah 50 persen. Tentunya ini harus kita dukung bersama mengingat ini bukan saja tentang Kota Pariaman, melainkan adalah Agenda Nasional," jelas Harefa.

Dikatakannya juga perihal ini akan didatangi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, jika agenda dalam acara bermutu.

"Untuk memastikan kedatangan Presiden itu tidaklah bisa. Namun jika rangkaian acara bermutu tentu presiden akan datang," sebut dia.

Ia juga menyampaikan alasan Kota Pariaman ditunjuk sebagai tuan rumah, karena selain kepandaian Walikota Pariaman untuk meyakinkan pemerintah pusat, juga Kota Pariaman sendiri merupakan wilayah yang strategis untuk penyelengara Hari Nasional itu.

"Untuk persiapan sudah lumayan, namun nanti juga akan dilaksanakan rapat finisingnya. Namun saat ini ada beberapa hal yang mesti dibenahi, dan ditambah. Seperti toilet dan lainya sebagai penunjang dilokasai yang dipusatkan di Pantai Gandoriah," katanya.

Sementara itu Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan, terkait sebagai Tuan Rumah pihaknya tentu telah menyiapkan diri baik secara teknis dan rangkaian acara.

"Ya kami sudah siapkan ini jauh-jauh hari. Tentu ini merupakan suatu penghargaan atas disetujui oleh Kementerian bahwa kota Pariaman sebagai Tuan Rumah," ucap Genius.

Genius Umar juga mengatakan, nantinya, kesuksesan acara Hari Nusantara ini tentu perlu dukungan segala pihak.

"Bukan dari Kita saja. Pihak Pusat, Jajaran Provinsi Sumbar juga akan mensukseskan jalannya Agenda Nasional ini," kata Genius.

Lebih lanjut, Genius menyebutkan,  Kota Pariaman sendiri  melalui agenda ini bisa mendatangkan atau menjadi maknet wisata.

"Selain untuk menjadikan kunjungan wisata ini tentu diharapkan dapat mendorong perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat Pariaman," ulas Genius.

Dalam rapat tersebut turut hadir pihak Polri, TNI AU, AD dan AL. Kehadiran pihak Polri dan TNI tersebut diketahui untuk mendukung agenda nasional itu sebagai pihak keamanaan jalannya Hari Nusantara 2019.

Harsyi Warsilah

TerPopuler