Tindaklanjuti Perintah Kepala BNPB Pusat, Kodim 0308 Pariaman Sudah Membibitkan 400 Batang Pohon Pinago

Tindaklanjuti Perintah Kepala BNPB Pusat, Kodim 0308 Pariaman Sudah Membibitkan 400 Batang Pohon Pinago

Senin, 25 November 2019, 21.43.00

Inilah Bibit Pohon Pinago Yang Berhasil Dihiburkan Kodim 0308 Pariaman. Fhoto : Harsy Warsilah

PARIAMAN---Kodim 0308 Pariaman telah melakukan pembibitan sebanyak 400 batang pohon pinago di Koramil 01 Pariaman. Pohon pinago memiliki pohon khas yang telah terbukti efektif melindungi pesisir pantai dari bencana abrasi.

"Waktu kunjungan Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Monardo ke Pariaman, beliau memerintahkan untuk melakukan pembibitan pohon pinago, dan pohon ini sangat bagus untuk ditanam di Pinggir Pantai," kata Dandim 0308, Letkol ARM Heri Pujiyanto, Senin (25/11/2019), di Pariaman.

Ia menyampaikan, menindaklanjuti arahan itu. Dandim beserta jajaranya langsung tanggap dan  melakukan pembibitan pohon Pinago itu, setidaknya sudah ada lebih dari 400 batang yang telah ditanam dalam polibag.

"Kami akan berusaha melakukan pembibitan sebanyak mungkin, kendalanya saat ini untuk memperoleh bibit pinago. Karena ketersediaan bibitnya agak susah juga didapatkan," katanya.

Heru juga menyampaikan, berdasarkan penelitiannya, pohon pinago ini memiliki akar yang panjang dan kokoh lebih kuat dibandingkan cemara udang untuk mengatasi abrasi di pinggir pantai.

"Pada umumnya banyak pantai di Sumbar ini yang kena abrasi, jadi kedepanya kita akan tanam pohon ini di sepanjang pantai di Sumbar terutana di Pantai Pariaman," ujarnya.

Sebelumnya, Guna melindungi dan melestarikan pohon tersebut, Pemerintahan Kota akan siapkan Peraturan Walikota (Perwako).

Pohon pinago dulu banyak di Pariaman, namun kemudian ditebangi oleh warga yang belum mengetahui fungsi sebagai penjaga kawasan pesisir.

Untuk itu, kedepanya Pemerintah Kota menyiapkan peraturan khusus supaya pohon pinago lestari.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo merekomendasikan penanaman pohon pinago asal Kota Pariamanuntuk mengatasi abrasi pantai.

Pewarta : Harsy Warsilah

TerPopuler